detikNews
Jumat 13 September 2019, 11:48 WIB

Nikah Siri Tanpa Izin, Anggota DPRD Malang Dianggap Langgar UU Perkawinan

Muhammad Aminudin - detikNews
Nikah Siri Tanpa Izin, Anggota DPRD Malang Dianggap Langgar UU Perkawinan Foto file: Muhammad Aminudin
Malang - Skandal asmara KR (52) dengan SW (42), hingga dinikahi siri dan memunculkan polemik foto bugil cukup mengejutkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Kebenaran akan informasi itu, tengah diselidiki oleh Tim 7 bentukan DPC PKB Kabupaten Malang.

Dalam pengaduannya ke polisi, SW mengaku menjalin hubungan dengan KR sejak Agustus 2018 silam. Selama hubungan berjalan, anggota Fraksi PKB di DPRD Kabupaten Malang itu seringkali mengajak SW menemani saat kunjungan kerja dewan ke luar kota.

Hingga KR mengajak SW menikahi siri di kediaman salah satu ustaz wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan, 9 Agustus 2018 silam.


"Itu juga belum bisa kami komentari, karena kita belum tahu yang sesungguhnya seperti apa," terang Wakil Ketua DPW PKB Jawa Timur Hikmah Bawaqih saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (12/9/2019).

DPC PKB Kabupaten Malang telah membentuk Tim 7, yang akan bekerja menyelidiki kebenaran dari isu foto bugil istri siri yang berkembang. Termasuk fakta, jika KR telah memiliki istri siri.

Melalui kuasa hukumnya, SW turut mengadukan KR atas dugaan pelanggaran UU No 1 Tahun 1974 tentang perkawinan. Acuannya adalah pasal 3 ayat 1 berbunyi:

Pada azasnya suatu perkawinan seorang pria hanya boleh mempunyai seorang istri. Seorang wanita hanya boleh mempunya seorang suami. Pada ayat berikutnya (2), dijelaskan bahwa perkawinan bisa dilaksanakan setelah mendapatkan izin pengadilan.

"Pengadilan, dapat memberi izin kepada seorang suami untuk beristri lebih dari seorang, apabila dikehendaki oleh pihak-pihak yang bersangkutan," demikian bunyi dalam Pasal 3 ayat 2 itu.


Perbuatan yang dilakukan KR, dituding SW telah melanggar kepatuhan terhadap moral, kode etik atau peraturan tata tertib anggota DPRD.

"Bahwa yang dilakukan oleh yang bersangkutan (KR) selaku anggota DPRD Kabupaten Malang, telah melanggar kepatuhan terhadap moral, kode etik, atau peraturan tata tertib anggota DPRD, yang seharunya menjaga martabat, kehormatan, citra, dan kredibilitas wakil rakyat," kata kuasa hukum SW Dahri Abdussalam seperti tercantum dalam surat pengaduan.

Istri siri KR terbongkar oleh istri sah, dia menemukan adanya foto bugil SW yang disimpan pada telpon seluler suaminya. Namun, sebelum itu, KR mengirimkan foto tersebut kepada SW pada Maret 2019 lalu, melalui pesan whatsapss.


Itu dilakukan, karena wakil rakyat sudah dua periode menjabat itu kesal, wanita idamannya (SW) enggan kembali diajak bertemu. KR merupakan satu dari 12 kader PKB yang duduk di DPRD Kabupaten Malang periode 2019-2024.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com