detikNews
Kamis 12 September 2019, 16:57 WIB

Tanggapan DPW PKB Jatim Soal Kadernya Dituduh Potret Bugil Istri Siri

Muhammad Aminudin - detikNews
Tanggapan DPW PKB Jatim Soal Kadernya Dituduh Potret Bugil Istri Siri Foto file: Muhammad Aminudin
Malang - Penyelesaian internal dipilih PKB untuk merespon kasus foto bugil yang melibatkan kadernya. Partai pimpinan Muhaimin Iskandar ini juga membutuhkan keterangan dari semua pihak dalam persoalan itu. Langkah tersebut dikatakan masih dalam proses.

"Pasti kita punya aturan, dan aturan itu akan kita jalankan. Tapi kita lebih memilih untuk menyelesaikan secara internal," kata Wakil Ketua DPW PKB Jawa Timur Hikmah Bawaqih kepada detikcom, Kamis (12/9/2019).

Hikmah menegaskan, bahwa proses yang tengah dijalankan itu tidak bisa disampaikan saat ini. Karena partai belum mendengar secara langsung dari para pihak dalam kasus foto bugil itu.


"Kami tidak bisa sampaikan. Karena pertama, kami belum mendengar dari para pihak ya, jadi harus didengarkan dulu juga," jawab Hikmah ditanya soal mekanisme yang dijalankan.

Kendati begitu, dia ingin menyakinkan kepada masyarakat pemilih, bahwa PKB sangat berkepentingan untuk menjaga marwah anggota legislatif, yang merupakan kader PKB.

"Yang harus kami yakinkan kepada konstituen, bahwa kita sangat-sangat berkepentingan untuk menjaga marwah anggota DPRD, yang merupakan kader kita. Kita berkepentingan, itu pasti," tandasnya.

Namun, jika memang ada mekanisme yang hendak ditempuh dalam merespon kasus foto bugil ini. Tentunya, partai membutuhkan keterangan dari semua pihak.

"Apakah ada mekanisme yang hendak kami tempuh, untuk merespon kasus ini. Tentu kami membutuhkan keterangan dari semua pihak. Selama ini kan, baru media yang kami dengar. Dan yang kami dengar itu, belum tentu terjadi secara faktual," tuturnya.

"Tapi yang ingin kami yakinkan kepada masyarakat pemilih, bahwa PKB sangat berkepentingan menjaga marwah kadernya yang berada di legislatif," sambung Hikmah.


Ditanya upaya partai menghadirkan KR (52), untuk meminta keterangan langsung? Hikmah mengaku tengah dalam proses.

"Tapi kami memilih untuk tidak memblow up itu. Dan menyelesaikan secara internal. Kami memandang ada aspek-aspek kepatutan yang juga perlu kami pertimbangkan. Karena semua pihak yang terlibat juga tokoh masyarakat," ucapnya.

"Kami ada mekanisme yang akan dijalankan dan masyarakat akan tahu nanti, apa nanti kebijakan partai. Tapi tidak dengan cara menyampaikan ke publik lewat media," ulas anggota DPRD Jawa Timur ini.

Terkait KR memiliki istri siri dan memicu adanya persoalan ini? Hikmah lebih menunggu setelah menerima keterangan langsung dari semua pihak.

"Itu juga belum bisa kami komentari, karena kita belum tahu yang sesungguhnya seperti apa," tegas mantan Ketua PW Fatayat Jawa Timur ini.


Sementara DPC PKB Kabupaten Malang sore ini tengah menggelar rapat internal di kantor DPC PKB Kabupaten Malang, menyikapi persoalan yang menghampiri salah satu kadernya di DPRD.

KR diadukan ke polisi karena memotret bugil SW (42), yang mengaku sebagai istri sirinya. KR sendiri adalah satu dari 12 kader PKB yang duduk di DPRD Kabupaten Malang periode 2019-2024.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com