detikNews
Senin 09 September 2019, 21:49 WIB

Razia Kafe, Satpol PP Tulungagung Temukan Pekerja Anak Korban Asusila

Adhar Muttaqin - detikNews
Razia Kafe, Satpol PP Tulungagung Temukan Pekerja Anak Korban Asusila Foto: Zaki Alfarabi / detikcom
Tulungagung - Satpol PP Tulungagung menemukan seorang pekerja anak saat melakukan razia di sejumlah kafe dan warung kopi. Tragisnya, pekerja anak itu diduga menjadi korban tindakan asusila.

Kasi Informasi dan Publikasi Satpol PP Tulungagung Artista Nindya Putra mengatakan, razia kafe karaoke dan warung tersebut dilakukan atas adanya laporan dari masyarakat tentang pekerja anak. Petugas langsung melakukan pengecekan di salah satu warung di Desa Junjung, Kecamatan Sumbergempol.


"Setelah kami cek ternyata memang benar, ada satu pekerja yang masih berusia kurang dari 18 tahun. Selanjutnya langsung kami bawa ke kantor Satpol PP untuk pembinaan," kata Artista, Senin (9/9/2019).

Pekerja anak asal Malang tersebut juga sempat dimintai keterangan oleh petugas. Yakni seputar aktivitasnya di warung kopi sekaligus tempat karaoke itu. Dalam pengakuannya, pekerja anak tersebut bertugas melayani pelanggan sekaligus menemani berkaraoke.

"Tadi dari pemeriksaan awal, yang bersangkutan sempat bercerita jika pernah dipaksa berhubungan badan oleh seseorang," ujarnya.

Adanya pengakuan mengejutkan itu ditindaklanjuti oleh Satpol PP. Petugas meminta korban membuat surat pernyataan atas kejadian yang dialami.


Tindak asusila itu diduga terjadi pada pertengahan Agustus lalu. Saat itu sekitar Pukul 01.00 WIB, setelah warung kopi tempat korban bekerja tutup, terduga pelaku tiba-tiba masuk ke kamar dan mengunci dari dalam. Selanjutnya korban dipaksa untuk berhubungan seksual, padahal di dalam kamar terdapat dua rekan korban yang lain.

Rencananya, Satpol PP akan menyerahkan pekerja anak tersebut ke Unit Layanan Terpadu Perlindungan Sosial Anak Integratif (ULT PSAI) Kabupaten Tulungagung. Agar pekerja anak itu mendapatkan penanganan lebih lanjut.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com