Keseruan Parade Stand Up Paddle Jelajah Teluk Prigi

Adhar Muttaqin - detikNews
Sabtu, 07 Sep 2019 20:03 WIB
Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek - Puluhan anggota komunitas Stand Up Paddle dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti jelajah dan eksplorasi Teluk Prigi Trenggalek. Mereka juga melakukan aksi penanaman terumbu karang.

Founder Stand Up Paddle (SUP) Indonesia Herianto, mengatakan event yang bertajuk 'Trenggalek Stand Up Paddle Tour and Race' tersebut diikuti 51 peserta dari beberapa daerah, seperti Jakarta, Bandung, Malang, Bali, Sumba dan beberapa daerah lain.

"Di sini kami touring sejauh 10 kilometer, mulai dari Pondok Prigi menyusuri kawasan Teluk Prigi dan finish di Pantai Mutiara. Selain itu kami juga melakukan race dengan jarak 1,5 kilometer," kata Herianto, Sabtu (7/9/2019).

Penjelajahan kawasan teluk di pantai selatan ini menjadi pengamalan tersendiri bagi anggota komunitasnya, sebab beberapa titik di Teluk Prigi memiliki karakter ombak yang relatif besar dan angin kencang.


"Anak-anak dari komunitas Stand Up Paddle di sini memang belum banyak mencoba, tapi kalau melihat kontur dan geografis, pantainya cukup flat. Hanya saja di tengah memang ada sedikit ombak yang lumayan, tapi masih cukup aman,"

Sementara salah seorang peserta Bayu mengaku cukup puas melakukan olahraga paddling bersama di Pantai Mutiara. Kawasan pesisir selatan tersebut dinilai cukup menantang dengan kondisi alam yang masih asri.

"Tantangannya tadi pas di tengah ombak lumayan, tapi cukup asik, apalagi pantainya bagus dan bersih," kata Bayu.

Sementara itu Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin mengatakan kawasan Teluk Prigi, khususnya Pantai Mutiara menjadi salah satu destinasi baru yang memberikan sensasi pengalaman bagi para pecinta olahraga papan kayuh tersebut.


"Ini sedang kami kembangkan, pengembangan Pantai Mutiara akan berkonsep ekologi. Saat ini kami tengah melakukan upaya konservasi terumbu karang," ujarnya.

Selain itu Pemkab Trenggalek juga tengah melakukan lelang investasi bagi investor yang berminat dalam bidang pariwisata. Proses lelang investasi ini sebagai salah satu cara untuk mempercepat pengembangan Trenggalek.

"Alhamdulillah untuk proses konservasi terumbu karang kami dapat support dari BPJS Ketenagakerjaan, yang hari ini Oak Direktur hadir langsung dan ikut paddling," imbuhnya. (iwd/iwd)