detikNews
2019/09/06 12:53:53 WIB

Polisi Trenggalek Ubah Mobil Patroli Jadi Tangki Distribusi Air

Adhar Muttaqin - detikNews
Halaman 1 dari 2
Polisi Trenggalek Ubah Mobil Patroli Jadi Tangki Distribusi Air Polisi Trenggalek Ubah Mobil Patroli Jadi Tangki Distribusi Air/Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek - Bencana kekeringan yang terjadi di Trenggalek terus meluas. Hingga kini tercatat 22 desa terdampak. Untuk membantu warga, Polsek Dongko mengubah mobil patroli menjadi alat distribusi air bersih.

Kapolsek Dongko, AKP Tri Basuki mengatakan, mobil Izusu Panther yang biasanya digunakan untuk patroli wilayah, dimodifikasi pada bagian belakang. Pihaknya mencopot kursi serta atap dan diganti dengan tandon air.

"Tandon air ini berukuran 1.800 liter. Inilah yang kemudian kami gunakan untuk distribusi bantuan air bersih kepada warga yang terdampak kekeringan," kata kapolsek, Jumat (6/9/2019).

Modifikasi ini dilakukan sekitar satu bulan yang lalu atau seiring kekeringan di wilayah Kecamatan Dongko. Pihaknya mengirimkan bantuan kepada warga minimal sehari dua kali.

Biasanya polisi mengambil bahan baku air bersih dari PDAM Dongko serta salah salah satu sumber air lainnya. Pendistribusian air bersih dilakukan secara bergiliran di tiga desa terdampak dengan dikendalikan oleh regu yang piket di polsek. Bahkan lanjut Tri, pada kondisi mendesak pihaknya bisa mendistribusikan air hingga empat kali dalam sehari.

"Modifikasi semacam ini atau patroli gentong sudah berlangsung tiga tahun terakhir, pokoknya setiap kali kekeringan pasti kami lakukan. Teknisnya, setiap regu yang juga kami wajibkan untuk mengirim air bersih," ujarnya.

Kapolsek memastikan modifikasi mobil patroli tersebut tidak mengubah fungsi kendaraan dinas untuk menjalankan tugas dan fungsi petugas kepolisian. Sebab dalam pengiriman air bersih, pihaknya juga sekaligus melakukan patroli wilayah.

"Kami kirim air sekaligus patroli, bahkan ini bisa dikatakan lebih dekat dengan masyarakat karena interaksi dengan masyarakat benar-benar riil," imbuhnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com