detikNews
Kamis 05 September 2019, 18:35 WIB

Dua Perampok Uang Nasabah Bank Dihadiahi Timah Panas, 5 Orang Buron

Ainur Rofiq - detikNews
Dua Perampok Uang Nasabah Bank Dihadiahi Timah Panas, 5 Orang Buron Perampok nasabah bank dihadiahi timah panas/Foto: Ainur Rofiq
Bojonegoro - Dua pelaku perampokan uang nasabah bank di Bojonegoro diamankan. Keduanya dilumpuhkan dengan timah panas. Lima pelaku saat ini masih diburu polisi.

Pelaku yang tertangkap yakni, Victor (50) asal Bojong Depok Baru Kecamatan Bojong Gede, Jawa Barat dan Nuryanto (38) asal Desa Sukamena Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pelaku merupakan pemain kejahatan nasabah bank yang telah malang melintang antar kota dan provinsi. Bahkan pelaku Victor merupakan merupakan residivis kasus yang sama di Karawang dan Jambi tahun 2018.

"Pelaku ini memang sudah malang melintang di dunia kriminalitas," ujar Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli kepada wartawan di mapolres, Rabu ( 5/9/2019).

Dalam aksinya di Bojonegoro, para pelaku ini punya peran masing masing. Tersangka Victor sebagai eksekutor mengambil uang di dalam mobil korban bernama Kosim. Saat itu korban warga Kedungadem Bojonegoro parkir mobil di halaman bank BRI. Sedangkan tersangka Nuryanto perannya masuk bank mencari sasaran korban.


Setelah mengetahui korban mengambil uang dari Bank Central Asia (BCA) senilai Rp 40 juta, Nuryanto kemudian memberitahu temannya agar korbannya dieksekusi. Namun sebelumnya, mereka membuntuti korban dari bank satu ke bank yang lain.

Para pelaku kemudian melakukan aksinya. Setelah korban turun dari mobil untuk masuk ke bank BRI, pelaku beraksi mengambil uang di mobil yang ditinggal korbannya. Pelaku dengan mudah mengambil uang, karena pintu mobil ternyata lupa dikunci.

"Pelaku ini beraksi di halaman bank BRI, dan ternyata mobil korban lupa dikunci. Setelah mencuri , pelaku kabur naik motor dibonceng temannya," tambah kapolres.

"Jadi Korban ini telah dibuntuti pelaku saat masuk bank BCA. Dari BCA korban ke bank BRI, setelah mobil diparkir, tersangka ini lalu beraksi," tandasnya.


Sementara Kasat reskrim Polres Bojonegoro, AKP Rifaldhy Hangga Putra masih ada 5 pelaku lain yang masih diburu. Mereka berinisial ED, YN, RD,HR, dan BN. Mereka ditetapkan DPO dan masih diburu tim resmob Bojonegoro.

Dari kedua pelaku yang tertangkap, polisi mengamankan beberapa barang bukti. Di antaranya sejumlah uang tunai sisa hasil kejahatan. Satu unit kendaraan rental merk Daihatsu tipe Luxio Nopol B 1398 FYX warna silver, yang digunakan pelaku sebagai sarana transportasi dalam pencurian, satu unit handphone merk Nokia warna hitam yang digunakan untuk komunikasi dengan para pelaku lain.

Selain itu ada juga satu buah jaket kulit warna coklat jaket yang digunakan teman pelaku. Satu pasang sepatu kulit warna coklat dan satu buah topi warna hitam yang digunakan saat mencuri serta empat buah busi sepeda motor bekas yang akan digunakan memecah kaca bila tidak berhasil membuka pintu kendaraan korbannya.

"Para pelaku ini sangat lihai dan terlatih, sebelum menyasar korban. Skenario pencurian sudah dibuat terlebih dahulu. Tetapi kita yakin kejahatan itu tidak ada yang sempurna. Dua pelaku telah berhasil kita tangkap. Pelaku kita kenakan pasal pencurian dan pemberatan," pungkasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com