Ada 4 Kampung 'Hilang' di Lokasi yang Diduga Tempat 'KKN Desa Penari'

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 04 Sep 2019 15:31 WIB
Kampung 'hilang' di Banyuwangi (Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi - Bukan hanya Kampung Darungan atau Pendarungan yang ditinggal oleh penduduknya. Ada tiga kampung lain yang juga sudah menjadi kampung kosong tanpa penghuni di wilayah yang diduga tempat 'KKN Desa Penari'.

Sebagian sudah menjadi puing-puing dan rata dengan tanah. Jadi total ada empat kampung yang ada di perkebunan Bayu Lor. Diduga salah satu perkampungan itu merupakan lokasi 'KKN Desa Penari'. Empat desa itu adalah Bujuk, Pendarungan, Sebani, dan Arjosari.

Kampung-kampung itu berjarak sekitar 2 kilometer. Untuk sampai perkampungan itu, harus melalui jalan berbatu dan sempit. Jalan setapak tersebut hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Coretan di Kampung 'Hilang' Banyuwangi/Coretan di Kampung 'Hilang' Banyuwangi (Ardian Fanani/detikcom)


"Di perkebunan itu ada empat yang sudah ditinggal oleh penduduknya. Sebani, Darungan, Arjosari, dan Bujuk," ujar Sugito, Kades Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, kepada detikcom, Rabu (4/9/2019).

Dari empat perkampungan itu, kata Sugito, dahulu terdapat 300 keluarga. Namun, seiring berjalannya waktu, perkampungan tersebut ditinggal penduduknya dan tersisa hanya 50-an keluarga. Kini mereka menetap di perkampungan Kali Tepak, wilayah perkebunan Bayu Lor.

"Sudah tidak ada, ditinggal penduduknya sekitar tahun 2000-an. Bertahap, terakhir di 2009 sudah tidak ada orang di sana," tambah Sugito.
Selanjutnya
Halaman
1 2