Cerita Polisi Kolektor Pusaka yang Koleksinya Berharga Ratusan Juta

Enggran Eko Budianto - detikNews
Rabu, 04 Sep 2019 13:07 WIB
Polisi di Jombang kolektor keris (Enggran Eko Budianto/detikcom)
Jombang - Di antara ratusan pusaka koleksi Iptu Sulaiman, terdapat keris yang harganya fantastis. Keris yang ditawar pembeli hingga ratusan juta rupiah itu disebut berasal dari Mataram Kuno.

Polisi yang kini menjabat Kanit Laka Satlantas Polres Jombang ini mengatakan terdapat dua keris pusaka di rumahnya yang harganya fantastis. Keris tersebut adalah keris Nogo Gini Kinatah Emas dan Nogo Sosro.

"Pernah ditawar kolektor yang mengakunya dari Malaysia, harganya Rp 400-500 juta," kata Sulaiman, Rabu (4/9/2019).

Namun Sulaiman tidak berniat menjual koleksinya itu. Menurut dia, keris tersebut didapatkan dari sesama kolektor pusaka. Sayangnya, dia enggan menyebutkan jumlah uang untuk membeli keris tersebut.


"Harganya mahal karena umurnya, punya sejarah, memang pusaka keraton, pusaka pejabat tinggi. Nogo Gini umurnya sudah ratusan tahun karena dari Mataram Kuno," terangnya.

Bukan hanya harganya yang fantastis, lanjut Sulaiman, keris-keris koleksinya juga mempunyai kekuatan magis. Oleh sebab itu, dia rutin merawat pusaka warisan leluhur itu.

"Sama dengan kita manusia, kalau dirawat dengan baik, tidak akan mengganggu, malah akan membantu. Tapi semua bersumber dari Allah Yang Mahakuasa," tandasnya.

Sulaiman gemar mengoleksi pusaka sejak lebih dari 40 tahun yang lalu. Saat ini di salah satu ruangan di rumahnya terdapat 600 keris dan 50 tombak. Dia rutin memandikan pusaka-pusaka tersebut, khususnya saat bulan Suro. (fat/fat)