Meriahnya Pawai Lampion Sambut Tahun Baru Islam di Lamongan

Eko Sudjarwo - detikNews
Sabtu, 31 Agu 2019 23:25 WIB
Pawai Lampion di Lamongan/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Beragam cara dilakukan untuk menyambut Tahun Baru Islam. Salah satunya seperti warga Lamongan yang menggelar pawai lampion untuk memeriahkan malam pergantian tahun.

Ribuan lampion kreasi tersebut dibawa oleh ratusan pelajar dan pegawai yang ada di Lamongan. Mereka berkeliling seputar jalan yang ada di dalam Kota Lamongan.

Beragam kreasi lampion, seperti berhias bintang, bulan dan juga lampion bundar membuat pawai malam pergantian tahun Islam semakin meriah. Lampion beraneka warna hingga miniatur masjid turut menerangi pawai sepanjang jalan protokol.


Mereka pawai sambil melantunkan selawat dan lagu-lagu religi. Tradisi tahunan ini berlangsung meriah dan khidmat.

"Pawai taaruf dengan membawa obor ini merupakan salah satu cara dalam memperingati Tahun Baru Islam 2019," kata Sekretaris Kabupaten Lamongan, Yuhronur Efendy, Sabtu (31/8/2019) malam.

Acara yang digelar mulai pukul 19.00 WIB itu, menurut Yuhronur, membawa ribuan lampion hasil kreasi dari 75 lembaga di Lamongan. Puluhan lembaga tersebut terdiri dari pelajar sekolah, instansi di kecamatan dan Dinas Lamongan.

"Selain juga ada lomba kaligrafi, lomba menulis artikel, dan lomba desain busana muslim yang finalisnya ditampilkan sore tadi oleh 22 peragawati. Selanjutnya ada lomba dan pawai taaruf serta lampion oleh 75 lembaga. Wisuda 3 ribu tahfidz pada September, dan ditutup Lamongan Berselawat bersama Majelis Ahbabul Musthofa pada Oktober nanti," terang Yuhronur.

Pawai taaruf dengan membawa lampion ini mendapat apresiasi dari warga yang menyaksikan. Salah satu penonton, Arif, berharap agar ke depannya pawai semacam ini bisa menjadi hiburan yang murah dan meriah bagi warga masyarakat. Arif yang datang bersama keluarganya ini berharap bisa menikmati malam pergantian tahun ini dengan suasana yang menggembirakan.

"Berharap agar tahun depan bisa ada lagi," ujarnya.


Kemeriahan pawai taaruf dengan lampion ini juga diakui Rofik, salah seorang peserta pawai taaruf. Rofik adalah satu dari ratusan peserta pawai Lampion yang berasal dari salah satu dinas di Lamongan. Menurutnya tahun ini peringatan 1 Muharram di Lamongan lebih meriah dari sebelumnya.

"Pawai taaruf semacam ini sudah diadakan setiap tahun tapi kali ini pesertanya lumayan banyak," kata Rofik.

Malam pergantian tahun di Lamongan akan ditandai dengan pemukulan bedug dan kentongan secara bersama-sama. Yakni oleh Bupati Lamongan dan Forkopimda setempat di simpang tiga alun-alun. (sun/bdh)