Menhub Sebut Kediri Bakal Jadi Sentra Perekonomian Seperti Harapan Jokowi

Andhika Dwi - detikNews
Sabtu, 31 Agu 2019 20:31 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi/Foto: Andhika Dwi
Kediri - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut Kediri sebagai wilayah yang tempat untuk pembangunan bandara. Menurutnya Kediri bisa menjadi sentra perekonomian baru di Jatim.

Pernyataan tersebut disampaikan Budi saat terbang ke Kediri siang tadi bersama dua menteri lainnya. Yakni Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo.

Kunjungan kerja itu dipimpin Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Kehadiran mereka di Kediri untuk memastikan bahwa Bandara Kediri jadi dibangun di Kecamatan Tarokan, Grogol dan Banyakan.


Terlebih pembangunan Bandara Kediri sudah menjadi proyek strategis nasional. Meski awalnya digagas pihak swasta.

"Saya pastikan bandara ini jadi dibangun, karena dari delapan kabupaten sekitar Kediri, Kediri lah yang paling strategis. Baru kali ini di Indonesia, perusahaan swasta membangun bandara untuk modal, dan selanjutnya proyek bandara ini telah menjadi proyek strategis nasional," kata Budi, Sabtu (31/8/2019).


Bandara Kediri diharapkan bisa mulai dibangun pada awal 2020. Dengan hadirnya bandara, Budi yakin Kediri bisa menjadi sentra perekonomian baru di Jatim.

"Akan menjadi sentra perekonomian baru bagi wilayah di sekitarnya. Mulai dari industri, kuliner, jasa dan pariwisata. Seperti yang diharapkan Presiden Jokowi," pungkas Budi.

Usai meninjau lokasi pembangunan bandara, mereka berkunjung ke dua pondok pesantren di Kediri sebelum balik ke Jakarta. Yakni Ponpes Lirboyo dan Ponpes Al Falah Ploso. (sun/bdh)