10.240 Ikan Asap Krispi di Kota Probolinggo Pecahkan Rekor Muri

M Rofiq - detikNews
Sabtu, 31 Agu 2019 18:50 WIB
Parade Ikan Asap Krispi di Kota Probolinggo/Foto: M Rofiq
Probolinggo - Parade Ikan Asap Krispi digelar Pemkot Probolinggo. Acara membuat 10.240 ikan asap itu memecahkan rekor Muri.

Acara tersebut berlangsung di depan Kantor Pemkot, Jalan Panglima Sudirman. Beragam olahan ikan asap krispi dikreasikan oleh sekitar seratus peserta. Aneka olahan tersebut di antaranya ikan asap sambalado, ikan asap sambal bawang, ikan asap kecap pedas dan olahan lainnya.

Selain sebagai kampanye gemar makan ikan, parade ikan asap juga bertujuan meningkatkan sektor perekonomian di Kota Probolinggo. Wali Kota Hadi Zainal Abidin mengatakan, ada sekitar 10.240 jenis ikan salam yang diolah menjadi ikan asap krispi.


Menurut Hadi, potensi produksi perikanan di Kota Probolinggo sangat besar. Oleh karenanya perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Harapan saya, adanya parade ini para pelaku UMKM di Kota Probolinggo bisa semakin kreatif mengkreasikan olahan ikan asapnya. Dengan begitu akan semakin meningkat daya minat masyarakat mengkonsumsi ikan," kata Hadi, Sabtu (31/8/2019).

Sementara berdasarkan data Dinas Perikanan dan Kelautan, jumlah produksi ikan di Kota Probolinggo pada 2018 sekitar 16.399 ton.


Berdasarkan angka tersebut, produksi ikan di Kota Probolinggo naik sekitar 1 persen. Untuk target konsumsi makan ikan secara nasional, sebesar 40 kilogram perkapita per tahun.

Dan di Kota Probolinggo sendiri, daya konsumsi ikan sekitar 36,4 persen. Lebih tinggi dibandingkan tingkat provinsi yang hanya mencapai 34 persen.

Parade Ikan Asap Krispi di Kota Probolinggo masuk dalam Museum Rekor Indonesia (Muri). Parade tersebut masuk kategori membuat ikan asap krispi terbanyak yang mencapai 10.240 ikan.




Simak juga videoGeger Ikan Pari Raksasa di Sungai Ogan Komering Ilir Sumsel:

[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)