detikNews
2019/08/31 11:07:44 WIB

Melihat Ternak Madu dari Bunga Kangkung di Lamongan

Eko Sudjarwo - detikNews
Halaman 1 dari 2
Melihat Ternak Madu dari Bunga Kangkung di Lamongan Salah seorang peternak lebah madu di Lamongan/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Peternak lebah di Lamongan memiliki cara jitu untuk menghasilkan madu yang baik. Mereka memanfaatkan musim tanam kangkung untuk menghasilkan madu yang memiliki aroma dan rasa yang khas.

Saat musim kemarau, sebagian petani di Desa Balungwangi, Kecamatan menanam kangkung. Tak jauh dari tanaman kangkung warga, para peternak lebah memanfaatkan lahan untuk beternak.

"Nektar bunga kangkung dikenal memiliki aroma dan rasa yang khas. Selain itu madu dari bunga kangkung memiliki khasiat untuk penyembuhan sejumlah penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh," kata salah satu peternak lebah, Triyono kepada detikcom, Sabtu (31/8/2019).


Triyono mengatakan, lebah yang ia budidayakan jenis Malfifera. Ia memanfaatkan bunga-bunga kangkung yang bermekaran untuk dihisap lebah sehingga menghasilkan madu yang berkualitas.

Dalam 10 sampai 15 hari, ujar Triyono, koloni lebah ini sudah bisa menghasilkan sarang madu siap panen. "Lebah-lebah ini mengkonsumsi nektar bunga kangkung yang kemudian menjadi madu," terangnya.

Triyono hanya menggunakan 60 boks yang dipasang di bawah pohon jati yang teduh di sekitar tanaman kangkung yang sedang berbunga. Dari 60 kotak sarang lebah, terang Triyono, ia bisa menghasilkan 2 hingga 4 kuintal sarang lebah madu yang sudah berisi madu murni.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com