Ibunda SBY Wafat, Ini Kata Keluarga di Pacitan

Purwoto Sumodiharjo - detikNews
Jumat, 30 Agu 2019 22:13 WIB
Indrata Nur Bayu Aji, cucu almarhumah Ny Habibah (Foto: Purwo Sumodiharjo)
Pacitan - Kabar wafatnya Ny Habibah, ibunda Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyisakan duka mendalam bagi keluarga di Pacitan. Ini seperti dirasakan Indrata Nur Bayu Aji (42), cucu almarhumah. Bagi Aji, eyangnya adalah sosok teladan bagi keluarga.

"Beliau sering berpesan agar kita semua selalu sabar, hidup sederhana, dan memegang teguh ajaran agama," ucapnya kepada detikcom, Jumat (30/8/2019) malam.

Pria yang menjabat anggota DPRD ini juga mengaku memiliki hubungan emosional sangat dekat dengan sang nenek. Bahkan sejak almarhumah masih tinggal di Blitar, Aji sudah kerap sowan. Komunikasi makin terjalin erat saat almarhumah tinggal bersama SBY di Cikeas.

Baca juga: Ibunda SBY Wafat

"Malahan setelah almarhumah di Cikeas itu saya lebih sering sowan," imbuhnya.

Di mata Aji, Ny Habibah adalah sosok yang suka tirakat. Konon, hingga beberapa waktu sebelum sakit, almarhumah rutin melaksanakan puasa sunah selama bertahun-tahun. Demikian pula ibadah wajib tak pernah ditinggalkan.


"Saya yakin doa beliau juga diperuntukkan bagi anak, cucu, keluarga, dan kita semua," katanya.

Kabar duka tersebut, lanjut Aji, baru diterimanya saat tiba di Yogyakarta setelah dirinya terbang dari Jakarta. Dia pun membatalkan rencana pulang ke Pacitan. Dari Yogyakarta Aji akan kembali terbang ke Jakarta untuk selanjutnya menuju ke Cikeas. (iwd/iwd)