Kejari Trenggalek Terima Pelimpahan Kasus Polisi Beking Sonokeling

Adhar Muttaqin - detikNews
Jumat, 30 Agu 2019 16:40 WIB
Kejari Trenggalek/Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek - Kejari Trenggalek menerima pelimpahan kasus pembalakan kayu sonokeling dengan tersangka salah satu anggota Polres Trenggalek. Selanjutnya kejaksaan akan segera membuat rencana tuntutan dan diajukan ke persidangan.

Kasi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Trenggalek, Fajar Nurshedi, mengatakan proses pelimpahan berkas beserta tersangka Bripka SH dan barang bukti tersebut dilakukan penyidik Polres Trenggalek pada Jumat siang.

"Tahap 2 (pelimpahannya) sebelum salat Jumat tadi," kata Fajar saat dikonfirmasi, Jumat (30/8/2019).

Setelah tahap 2 , tim Kejari Trenggalek akan melalukan proses pemeriksaan ulang terhadap administrasi termasuk berkas-berkas dari polisi. Selain itu pihaknya akan memproses penyempurnaan rencana dakwaan yang akan diajukan ke persidangan di Pengadilan Negeri Trenggalek.


"Masa penahanan setalah tahap 2 ini adalah 20 hari, nah pada masa itulah kami akan melakukan penyempurnaan berkas dan sesegera mungkin kami limpahkan ke pengadilan," ujarnya.

Sebelumnya, Polres Trenggalek membongkar jaringan pembalakan kayu Sonokeling di rumija Jalan Nasional Trenggalek-Tulungagung. Komplotan pelaku nekat menebang sejumlah kayu masuk kategori Apendix II dengan membuat surat perintah penebangan palsu tanpa izin BKSDA.

Dalam kasus ini terdapat lima tersangka, empat orang dari warga sipil serta PNS. Sedangkan satu tersangka merupakan anggota polisi aktif di Polres Trenggalek. Tersangka Bripka SH diduga menjadi backing aksi pembalakan kayu Sonokeling tersebut dan menerima imbalan sejumlah uang.

Proses hukum antara warga sipil dan aparat kepolisian tersebut dipisah. Empat tersangka warga sipil kini telah disidangkan di PN Trenggalek dan memasuki tahap pembelaan, sedangkan Bripka SH baru dilimpahkan dari penyidik ke jaksa. (fat/fat)