detikNews
Kamis 29 Agustus 2019, 20:15 WIB

KPPU Putuskan Bersalah Dua Perkara Lelang Proyek di Kabupaten Kediri

Amir Baihaqi - detikNews
KPPU Putuskan Bersalah Dua Perkara Lelang Proyek di Kabupaten Kediri KPPU bersidang (Foto: Istimewa)
Surabaya - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) kembali menggelar sidang pembacaan putusan. Kali ini KPPU membacakan putusan pada dua perkara dugaan pelanggaran Pasal 22 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 dalam Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Dua perkara itu yakni pada paket pekerjaan pembangunan jalan (Kode Lelang 770207) dan paket peningkatan jalan (kode lelang 771207) oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kediri Sumber Dana DAU APBD Kabupaten Kediri TA 2017.

Sidang pembacaan putusan dipimpin oleh Ketua Majelis Ukay Karyadi dan dua anggota majelis yakni Afif Hasbullah serta Kodrat Wibowo. Sedangkan dari pihak terlapor ada tujuh yang terdiri dari perorangan, kelompok dan perusahaan yang dinyatakan bersalah.


"Bahwa ketentuan Undang-Undang yang diduga dilanggar oleh para terlapor adalah dugaan pelanggaran pasal 22 undang-undang nomor 5 tahun 1999," kata Ukay Karyadi saat membacakan putusan, Kamis (29/8/2019).

Majelis Komisi kemudian menjatuhkan hukuman kepada terlapor dengan denda yang berbeda-beda sesuai dengan peran masing-masing. Selain hukuman, Majelis Komisi juga melakukan pelarangan menjadi panitia dan keikutsertaan tender kembali.


Adapun ketujuh terlapor itu yakni Supriyanta, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas PUPR Kabupaten Kediri terkait pelelangan paket pekerjaan pembangunan jalan sebagai terlapor I. Kedua, kelompok kerja (Pokja) pengadaan pekerjaan konstruksi dan jasa Unit Layanan Pengadaan (ULP) terkait Pelelangan Paket Pekerjaan Pembangunan Jalan sebagai terlapor II.

Sedangkan dari perusahaan masing-masing adalah PT Kediri Putra sebagai terlapor III, PT Triple S Indosedulur sebagai terlapor IV, PT Ayem Mulya Indah sebagai terlapor V, PT Jatisono Multi Konstruksi sebagai terlapor VI dan PT Tata Karunia Abadi sebagai terlapor VII.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com