Efektif Kelola Limbah, Perusahaan Tambang di Banyuwangi Sabet Penghargaan

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 26 Agu 2019 19:38 WIB
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Operator tambang emas di Gunung Tumpangpitu, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur kembali mendapatkan penghargaan terkait dengan lingkungan. Pemkab Banyuwangi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menganugerahi PT Bumi Suksesindo (BSI) dengan Kinerja Perusahaan Bersih 2019.

Penghargaan ini merupakan penghargaan khusus bagi perusahaan tambang PT Bumi Suksesindo (BSI), sebagai perusahaan pencapaian terbaik untuk pengelolaan limbah industri.

Penghargaan ini diberikan oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, kepada Presiden Direktur PT BSI Adi Adriansyah Sjoekri di Hotel El Royale Banyuwangi.

Adi Sjoekri merasa senang karena perusahaan yang dipimpinnya kembali meraih penghargaan tahun ini. "Ini sebuah capaian yang membanggakan kami," kata Adi, Senin (26/8/2019).


Produksi Bersih merupakan strategi pengelolaan lingkungan yang bersifat preventif, terpadu dan diterapkan secara terus menerus pada setiap kegiatan, mulai dari hulu ke hilir yang terkait dengan proses produksi, produk dan jasa untuk meningkatkan efisiensi penggunaan sumberdaya alam, mencegah terjadinya pencemaran lingkungan dan mengurangi terbentuknya limbah pada sumbernya, sehingga dapat meminimalisir resiko terhadap kesehatan dan keselamatan manusia serta kerusakan lingkungan.

Pemkab Banyuwangi mendorong peningkatan produktifitas perusahaan atau industri serta peningkatan kesejahteraan pekerja dan buruh melalui perbaikan manajemen, penggunaan bahan baku secara efisien dan efektif serta melalui penerapan produksi bersih.

"Upaya kami dalam mengelola perusahaan sesuai dengan peraturan dan kaidah penambangan yang baik, kami lakukan tidak hanya saat mengikuti perlombaan saja. Namun, sejak awal kami sudah berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang taat asas dan aturan," terang Adi.

PT BSI, lanjut Adi, dapat mencegah atau mengelola limbah dan polusi secara efektif. Pengendalian ini dilakukan secara reguler mulai dari pemantauan, pengelolaan, dan pengendalian.


"Semua kegiatan pengelolaan lingkungan kerja bersih tidak hanya dilakukan oleh tim internal perusahaan, tetapi juga melibatkan pihak pemerintah dan tim independen," imbuhnya.

Adi berharap penghargaan ini dapat menambah semangat perusahaannya untuk terus meningkatkan kinerjanya. Tidak hanya di bidang produksi bersih, namun bidang-bidang yang lain. (iwd/iwd)