detikNews
Senin 26 Agustus 2019, 15:30 WIB

Warga Gresik Deklarasi Cinta NKRI

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Warga Gresik Deklarasi Cinta NKRI Foto: Deny Prastyo Utomo
Gresik - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Gresik kompak deklarasikan Cinta Tanah NKRI. Menggunakan pakaian adat khas Papua, mereka membacakan deklarasi bersama-sama.

Acara deklarasi yang digelar di halaman Icon Mall, Gresik. Juga dihadiri Wabup Gresik M Qosim, Kapolres AKBP Wahyu S Bintoro dan juga Dandim 0817 Letkol Inf Budi Handoko serta ratusan pelajar dan muda-mudi di Kabupaten Gresik.

Sebelum melakukan deklarasi Cinta NKRI, mereka juga bersama-sama menari tarian Sajojo. Tidak ada rasa canggung, semua yang hadir kompak menari bersama.

Dalam deklarasi Cinta NKRI, mereka sepakat menjamin keamanan seluruh pelajar dan pekerja dari daerah Papua. Di antaranya mengisi kemerdekaan RI dengan terus meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Menjaga dan mengawal Bhinneka Tunggal Ika dalam bingkai NKRI. Memperkokoh empat pilar bangsa yaitu Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945 menuju Indonesia Maju.


Usai membacakan deklarasi Ketua MUI Greaik KH Mansyur Shodiq, anggota DPRD Gresik Asluchul Alief yang berdiri di panggung meneriakkan 'We Love Papua, Kita Semua Bersaudara'.

Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro mengatakan pihaknya meminta agara seluruh masyarakat Jawa Timur khususnya Gresik agar saling mencintai.

"Kami semua yang ada di Forkopimda siap menjamin keamanan seluruh masyarakat dari daerah Papua yang ada di Gresik," kata kapolres.

Senada dengan Kapolres, Wapub M Qosim mengajak masyarakat Gresik untuk menjunjung tinggi rasa Kebhinekaan di Bumi Wali.

"Mari kita junjung Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu Indonesia. Kami sangat mencintau seluruh masyarakat Indonesia dari manapun berasal, kami sangat sayang dan cinta terhadap rakyat Papua. Papua harus kembali aman, damai bersama-sama karena kita Bangsa Indonesia. Semua satu dan punya hak yang sama tidak ada lagi diskriminasi," ujar wabup.



Tonton Blak-blakan Said Aqil: Dakwah Ala Wali & NKRI Syariah:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +