detikNews
Minggu 25 Agustus 2019, 17:55 WIB

Cara Polres Lamongan Menjaga Keberagaman dan Cinta NKRI

Eko Sudjarwo - detikNews
Cara Polres Lamongan Menjaga Keberagaman dan Cinta NKRI Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Warga Papua yang ada di Lamongan akan mendapat jaminan keamanan. Hal itu diungkapkan Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung.

"Kami dari Polres, Kodim dan Pemkab Lamongan telah melakukan koordinasi yang intinya warga yang tinggal di Lamongan tidak perlu risau, karena kita menjamin keamananya," kata kapolres saat pawai budaya di Desa Bakalan Pule, Kecamatan Tikung, Minggu (25/8/2019).

Menurutnya, Papua merupakan salah satu bagian dari Indonesia. Jadi, menjaga Papua sama halnya dengan menjaga Indonesia. "Keutuhan NKRI harus terus dijaga agar tidak terpecah-belah. Dan menjaga dan mencintai Papua sama dengan mencintai dan menjaga NKRI," ungkapnya.


Kepala Desa Bakalan Pule, Zamroni menegaskan, pawai budaya yang diikuti masyarakat desa setempat, POLRI dan TNI tersebut merupakan rangkaian memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74.

"Ternyata dalam pelaksanaannya, sebagian besar warga justru memakai pakaian adat Papua. Ini bisa diartikan warga Bakalan Pule yang terdiri dari 32 RT mencintai Papua," ungkap Zamroni.

Sementara pawai budaya yang mengambil start Balai Desa Bakalan Pule mengelilingi dusun setempat. Dalam pawai itu baju-baju yang dipakai menonjolkan kebhinekaan. Sebelum pawai, baik kapolres, dandim, warga menari Sajojo dan Maumere diikuti warga Papua.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com