detikNews
Minggu 25 Agustus 2019, 16:15 WIB

Detik-detik YT Rampok Toko Emas di Magetan Sebelum Dibekuk Densus 88

Sugeng Harianto - detikNews
Detik-detik YT Rampok Toko Emas di Magetan Sebelum Dibekuk Densus 88 Foto file: Sugeng Harianto
Madiun - Warga di Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun dikejutkan densus 88 menggeledah kios dan rumah terduga teroris, YT (41). YT tinggal di Desa Sukolilo dibekuk tim densus, pasca melakukan perampokan di Magetan.

Perampokan dilakukan di Toko Mas Dewi Sri Jalan Raya Tebon, Kecamatan Barat, Sabtu siang (24/8/2019). Seperti apa detik-detik pelaku diringkus nyaris dimassa warga?

"Kejadian aksi perampokannya itu sekitar pukul 10.00 WIB, saat toko baru buka pukul 08.00 WIB dan masih sepi," terang Kapolres Magetan AKBP Muhammad Rifai kepada wartawan di lokasi Minggu (25/8/2919).


Pelaku yang memakai kaos biru muda dan berjaket hitam, kata Rifai, masuk membawa kaleng bekas cat (Diduga bom rakitan). Saat itu lanjut Rifai, pelaku langsung menghantamkan kaleng tersebut ke meja etalase perhiasan.

"Jadi pelaku masuk langsung menaruh kaleng cat ada sumbu ke meja estalase dengan keras dan membuat kaget karyawan toko. Saat itu pelaku juga sambil menodongkan sebuah pistol mainan dan kemudian melompat ke tempat kasir dan berteriak minta uang," katanya.

Sekitar pukul 10.15 WIB pelaku menodongkan pistol mainan ke kasir. Karena ketakutan, lanjut kapolres, mereka langsung memberikan uang Rp 10 juta dan dimasukkan pelaku ke tas ransel yang dibawa. Karena merasa uang yang diberikan kasir kurang, kemudian pelaku membenturkan tangan ke etalase sambil minta uang lagi. Namun kasir tidak memberikan uang tersebut.


"Setelah meminta uang yang kedua tidak diberi pelaku keluar dengan melompat etalase. Pelaku juga mengambil lima cincin dan tiga gelang emas. Serta menumpahkan batu permata yang berada di meja kasir," ujarnya.

Kapolres menambahkan sekitar pukul 10.20 WIB, pelaku keluar toko membawa barang yang didapat dan kembali melompat estalase. Setelah itu pelaku mengambil sepeda motor yang diparkir. Namun tiba di tempat parkir depan toko sekitar pukul 10.22 WIB, pelaku langsung dikeroyok warga yang kebetulan berada di warung sekitarnya. Saat itu karyawan toko berteriak ada perampok dan mengabadikan pelaku dengan merekam video lewat ponsel.

"Saat pelaku mendapat uang Rp 10 juta, dan perhiasan melompat estalase untuk mengambil sepeda motor. Namun sesampai ditempat parkir langsung dikeroyok massa karena karyawan berteriak ada perampok. Pertama dua orang berusaha menangkap dan dibantu masyarakat di sekitar TKP. Kemudian sekitar pukul 10.30 WIB pelaku dibawa ke Polsek Barat," tandasnya.


Pascaperampokan, rumah pelaku dan kiosnya di Madiun digeledah densus 88. Bahkan rumah orangtuanya turut digeledah. Pelaku yang memiliki KTP dan KK di Desa Kincang Wetan itu hari ini rencananya dibawa densus 88 ke Jakarta.




Tonton Video Video Densus Geledah Rumah Perampok Toko Emas:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com