detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 10:55 WIB

Perubahan Cuaca Jadi Perhatian Pebalap Tour d'Indonesia

Yakub Mulyono - detikNews
Perubahan Cuaca Jadi Perhatian Pebalap Tour dIndonesia Foto: Yakub Mulyono
Jember - Lanjutan balap sepeda internasional Tour d'Indonesia etape keempat akan dimulai hari ini. Balap sepeda bergengsi kelas internasional yang diikuti 100 pebalap dari 18 tim dan berasal dari 22 negara ini memulai start di depan kantor Pemkab, kawasan alun-alun Kota Jember.

Dari balap sepeda pada etape ketiga kemarin, perubahan cuaca menjadi perhatian para pebalap. Bahkan pada etape keempat hari ini, perubahan cuaca masih akan menjadi perhatian.

"Rute kemarin (etape ketiga) paling panjang dari dua etape sebelumnya. Apalagi saya kehilangan breakway cukup cepat," ungkap Marcus Culey.

Menurut Marcus, pada etape ketiga kemarin, kecepatan rata-rata pebalap berkisar 40 km per jam. "Cuaca di sini (Jember) cukup panas. Tapi saya bersyukur bisa mencapai garis finis," sambung pebalap asal Malaysia ini.


Sementara itu, pebalap peringkat kedua etape ketiga, Rohan Du Plooy, sudah mempersiapkan diri dengan baik di etape selanjutnya. "Yang jelas banyak perbedaan di rute hari ini. Saya mencoba meraih poin di rute climber," katanya.

Selain jarak yang jauh, tantangan bagi para pembalap adalah cuaca. Sebab, start dari Kabupaten Batu pada etape ketiga kemarin cukup dingin. Keluar dari Batu, cuacanya cukup panas untuk menuju Jember.

Pada etape keempat, hal serupa akan dirasakan. Namun yang terjadi adalah sebaliknya, dari panas ke dingin. Selain itu, pada etape lanjutan ini, para pebalap harus melewati rute Gumitir dengan jalan berkelok dan rute naik-turun.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com