Pendaki Gunung Lawu via Magetan Naik 5 Kali Lipat Saat HUT RI

Sugeng Harianto - detikNews
Rabu, 21 Agu 2019 17:07 WIB
Sejumlah pendaki yang masuk pintu Cemoro Sewu/Foto: Sugeng Harianto
Magetan - Jumlah pendaki Gunung Lawu yang lewat Magetan naik lima kaki lipat saat momentum HUT ke-74 RI. Pada 16-17 Agustus 2019, total pendaki yang lewat Magetan mencapai dua ribu orang.

Momen HUT ke-74 RI dimanfaatkan para pendaki untuk menggapai puncak Gunung Lawu. Jumlah pendaki di momen tersebut mengalami peningkatan lima kali lipat jika dibanding hari libur biasa. Yakni di jalur pendakian Cemoro Sewu dan Singolangu.

"Untuk pendaki yang memanfaatkan momen HUT RI peningkatan mencapai lima kali lipat. Ini terjadi selama dua hari saat menjelang dan pasca HUT RI 17 Agustus," kata Kepala Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sarangan Kholil kepada detikcom di Cemoro Sewu, Rabu (21/8/2019).


Dalam dua hari tersebut, sebagian besar pendaki mengawali pendakian dari pintu Cemoro Sewu. Para pendaki begitu antusias untuk merayakan HUT RI di Puncak Lawu.

"Saat HUT RI kemarin mencapai 1500 lewat Cemoro Sewu yakni tanggal 16 dan 17 Agustus. Untuk jalur baru Singolangu hanya sekitar 500 pendaki saja," imbuhnya.

Menurut Kholil, pada hari libur biasa jumlah pendaki via Cemoro Sewu hanya sekitar 300 orang. Sedangkan yang lewat Singolangu hanya sekitar 100 orang.

"Kalau hari biasa hanya 300an orang yang mendaki melalui Cemoro Sewu. Kemudian yang via Singolangu hanya 100an biasanya," terangnya.


Untuk mengantisipasi situasi darurat yang dialami pendaki, BPBD Magetan menerjunkan 28 personel selama Agustus. Seperti yang disampaikan Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan Fery Yoga Sahputra.

"Kita sudah siagakan anggota sekitar 28 personel sejak awal Agustus. Mengingat banyak pendaki yang memanfaatkan momen bulan kemerdekaan," ujarnya.

Fery menambahkan, saat ini BPBD Magetan masih mewaspadai kebakaran hutan seiring musim kemarau yang makin kencang. Pendaki diimbau untuk terus berhati-hati dan tidak sembarangan menyalakan api.

"Saat ini masih sekitar 32 pendaki yang di atas lewat Cemoro Sewu. Kita himbau untuk waspada angin kencang dan kebakaran. Jangan membuang puntung rokok sembarangan," pungkasnya.




Tonton Video Dear Pendaki, Cobain Yuk ke Puncak Lawu Via Jalur Singolangu! (sun/bdh)