detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 13:08 WIB

Ini Langkah Pemkot Malang Meredam Polemik Mahasiswa Papua

Muhammad Aminudin - detikNews
Ini Langkah Pemkot Malang Meredam Polemik Mahasiswa Papua Wali Kota Malang Sutiaji/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Malang - Pemerintah Kota Malang memanggil seluruh petinggi universitas untuk menyelesaikan polemik mahasiswa Papua. Pertemuan rencananya digelar di Balai Kota Malang siang ini.

"Hari ini, kami agendakan bertemu dengan para rektor perguruan tinggi di Malang. Tujuannya mencegah polemik terus berkepanjangan," ujar Wali Kota Malang Sutiaji kepada detikcom, Selasa (20/8/2019).

Sutiaji mengaku, sudah menggagas pertemuan dengan perguruan tinggi, tokoh masyarakat pasca insiden kecil yang terjadi bersamaan dengan demontrasi mahasiswa Papua, Kamis (15/8) lalu.


Pertemuan diharapkan, bisa menerbitkan pakta intergritas menjaga kedaulatan NKRI, mengedepankan ketertiban dan keamanan masyarakat yang dibalut dalam bingkai kebhinekaan.

"Kami ingin ada pakta intergritas untuk menjaga ketertiban, kedaulatan NKRI, dan Pancasila yang dibingkai dalam kebhinekaan Tunggal Ika. Yang kemudian bisa di break down sampai tingkat RT dan RW," akunya.

Menurut dia, pertemuan sekaligus menginventarisir keberadaan mahasiswa Papua beserta mahasiswa asal daerah lain yang tengah menimba ilmu di Malang.


Tujuannya, untuk memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi para mahasiswa itu, sampai mereka menyelesaikan studinya.

"Kita nanti juga mau inventarisir para mahasiswa asal luar daerah, untuk memudahkan dalam memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan selama berkuliah di Malang," tegasnya.

Sebelumnya, Sutiaji menyatakan permintaan maaf atas insiden yang terjadi beberapa waktu lalu, saat mahasiswa Papua hendak menyampaikan pendapat.

"Kota Malang terbuka bagi siapapun yang akan menimba ilmu, berinvestasi, dan bekerja. Apakah itu warga negara Indonesia atau dari seluruh dunia. Kami juga meminta maaf atas insiden yang terjadi beberapa waktu lalu," ucap Sutiaji kepada wartawan, Senin (19/8/2019).



Gubernur Sulsel Jamin Keamanan Pascabentrok di Asrama Papua:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com