BI Malang Gencar Kenalkan Pembayaran Elektronik Berbasis Barcode

Muhammad Aminudin - detikNews
Selasa, 20 Agu 2019 09:13 WIB
Foto: Istimewa
Malang - Bank Indonesia (BI) Malang mulai mengenalkan sistem pembayaran elektronik berbasis barcode atau Quick Response Code (QR). Pembayaran yang dinamani QR Indonesia Standar (QRIS) ini bisa digunakan pedagang, konsumen dan pelaku UMKM.

Kepala Kantor Perwakilan BI Malang Azka Subhan Aminurridho menuturkan, melalui QRIS seluruh pembayaran melalui aplikasi uang elektronik cukup dilakukan dengan satu barcode saja.

"Tentunya ini memudahkan bagi masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran. QRIS Unggul diluncurkan bertepatan dengan peringatan HUT RI ke-74," terangnya, Selasa (20/8/2019).

Dia mengungkapkan, QRIS secara nasional akan efektif berlaku mulai 1 Januari 2020, untuk memberikan transisi persiapan bagi Penyelenggaraan Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). Sosialisasi bakal menyentuh seluruh kalangan, termasuk pedagang di pasar tradisional. Juga di toko-toko peracangan di kampung-kampung.


BI Malang juga terus melakukan sosialisasi, baik pada masyarakat maupun pengusaha dan perbankan serta PJSP. Integrasi sistem ini, seperti pada sistem Gerbang Pembayaran Nasional yang diluncurkan beberapa waktu lalu.

Hadirnya QRIS, lanjut dia, menjadi standar dalam satu platform untuk ke semua alat pembayaran. Jika sebelumnya, OVO, Gopay, Link Aja, Dana, masing-masing memiliki barcode sendiri.

"Di satu merchant, OVO punya barcode sendiri, Gopay punya sendiri, dengan QRIS maka bisa menjadi satu, termasuk ketika masuk tol. Penggunaan QRIS sekaligus menggantikan sebagian fungsi e-money berbentuk kartu," ulas Azka.

Sementara, Kepala Unit Pengawasan Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah dan Keuangan Inklusif BI Malang, Fida Affa menambahkan, sudah ada 10 perbankan penyelenggara e-money dan 10 PJSP non-bank yang terkoneksi dengan QRIS. Yaitu, Bank Danamon, BRI, Sinar Mas, May Bank, Permata Bank, Bank Mega, BNI, dan sejumlah bank lain.

Sementara untuk PJSP non-bank atau disebut dompet elektronik, telah ada OVO, Gopay, Dana, Link Aja, Shopee Pay, dan lainnya. "Untuk Dana, mereka kan punya sistem scanner sendiri, untuk penyesuaian sistem. Nanti akan dihentikan dulu sementara. Menggunakan QRIS cukup dengan satu barcode yang berlaku bagi semua PJSP, dan juga bisa digunakan di luar negeri," tambahnya. (fat/fat)