Disangka Kucing, Bayi Menangis Ditemukan Warga Terbuang di Surau

Disangka Kucing, Bayi Menangis Ditemukan Warga Terbuang di Surau

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 18 Agu 2019 15:03 WIB
Lokasi tempat bayi dibuang (Foto: Ardian Fanani)
Lokasi tempat bayi dibuang (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Sesosok bayi peremuan dibuang di sebuah surau di Desa Kenjo, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur. Bayi berjenis kelamin perempuan itu tergeletak di keset surau, lengkap dengan tali pusar dan ari-ari. Kejadian ini kemudian dilaporkan ke aparat kepolisian.

Bayi perempuan ini ditemukan oleh pasangan suami istri, Ansori (58) dan Masruroh (42), Minggu dinihari (18/8/2019) pukul 00.00 WIB. Bayi tersebut sempat disangka kucing saat menangis kencang di sekitar rumah mereka.

"Saat itu saya kira kucing. Karena suara tangisannya kayak kucing. Lalu saya sekeluraga keluar mencari. Sempat tidak ketemu. Kemudian bayi itu nangis lagi akhirnya ketemu di surau ini," ujar Ansori kepada wartawan, Minggu (18/8/2019).


Penemuan bayi ini kemudian dilaporkan Ansori ke perangkat desa. Perangkat desa kemudian meneruskan ke aparat kepolisian. "Langsung saya laporkan ke aparat desa dan diteruskan ke polisi," ujarnya.

Karena kedinginan dan tak tahu harus bagaimana, kata Ansori, pihaknya bersama perangkat desa dan aparat kepolisian langsung membawa bayi perempuan tersebut ke bidan setempat. Namun karena terbatasnya peralatan, bayi perempuan itu kemudian dibawa ke RSUD Blambangan Banyuwangi.

"Sempat Dirawat bidan kemudian dibawa ke RSUD Blambangan," pungkasnya.

Sementara itu, Masruroh mengaku dirinya yang pertama kali menemukan bayi itu. Bayi itu ditemukan terlentang tak mengenakan baju ataupun selimut. Ada sedikit darah di badan bayi perempuan tersebut.


"Ya tidak pakai apa-apa. Ndak ada selimut cuma diletakkan di keset," ujarnya.

Saat ini, penemuan bayi tersebut masih dalam penyelidikan aparat kepolisian. Polisi masih mencari pelaku pembuangan bayi itu dengan cara mendata penduduk hamil di sekitar desa. (iwd/iwd)