detikNews
Jumat 16 Agustus 2019, 18:50 WIB

Marinir Indonesia dan Amerika Kejar Musuh di Hutan Selogiri Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Marinir Indonesia dan Amerika Kejar Musuh di Hutan Selogiri Banyuwangi Latihan bersama Marinir TNI AL dan Amerika Serikat (USMC)/Foto: Istimewa
Banyuwangi - Latihan Bersama Platoon Exchange (Platex) 2019 bergeser ke Hutan Selogiri, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Marinir TNI AL dan Amerika Serikat (USMC) bergabung dalam latihan pengejaran musuh.

Pengejaran dengan menggunakan taktik Patroli Tempur tersebut dipimpin Komandan Kompi Latihan Lettu Mar Presly. Yakni dengan mengerahkan dua Peleton yang dipimpin Komandan Peleton Lettu Mar Irsyadul dan Lettu USMC Clark.

Masing-masing grup berisikan 25 personel. Mereka terdiri dari prajurit Marinir Indonesia dan Amerika Serikat yang saling bergantian mengejar musuh di dalam hutan. Mereka sangat berhati-hati melangkah dan mencari jejak musuh yang berlari ke dalam bukit dan semak hutan. Begitu terlihat, mereka langsung melumpuhkan musuh.


Kegiatan dipantau langsung Komandan Satgas Latma Platex 2019 Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo. Kemudian tampak pula Perwira Interpreter Mayor Marinir Anton Waris Kuncoro, Pasiops Yonif 3 Mar Mayor Marinir Iskandar Muda Tanjung dan Kapten USMC Alfarado

Pengejaran musuh merupakan salah satu materi yang dilatihkan dalam Latihan Bersama Platoon Exchange (Platex) 2019. Tujuannya untuk meningkatkan kerjasama dan komunikasi Marinir kedua Negara dalam hubungan peleton.

"Patroli tempur ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengasah naluri tempur Marinir kedua negara dihadapkan dengan medan hutan lebat dan berbukit, selain itu juga untuk meningkatkan profesionalisme Komandan Peleton dalam memanuverkan prajuritnya," ujar Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo, Jumat (16/8/2019).


Latma Platoon Exchange tahun 2019 akan berlangsung hingga 27 Agustus 2019. Selain Patroli Tempur, juga dilatihkan beberapa materi lainnya. Di antaranya Tembak Tempur Offensive (TTO), Tembak Tempur Defensive (TTS), GMUK, Serangan, pertempuran jarak dekat dan jungle survival.

"Selain berlatih perang, besok pagi tanggal 17 Agustus 2019, Marinir kedua Negara juga akan melaksanakan berbagai perlombaan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di daerah latihan Hutan Selogiri," pungkasnya.

Latma Platex 2019 di hutan Selogiri Banyuwangi diikuti 168 prajurit Marinir Amerika Serikat dan Indonesia. Dengan rincian 81 prajurit sebagai pendukung, 60 prajurit Korps Marinir TNI AL sebagai pelaku dan 27 prajurit USMC.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com