detikNews
Jumat 16 Agustus 2019, 12:12 WIB

Pembacokan Tiga Warga Tulungagung Saat Hajatan Pernikahan Bermotif Dendam

Adhar Muttaqin - detikNews
Pembacokan Tiga Warga Tulungagung Saat Hajatan Pernikahan Bermotif Dendam Foto: Istimewa
Tulungagung - Aksi pembacokan tiga warga di Kecamatan Ngantru Tulungagung yang dilakukan kerabatnya sendiri, diduga dipicu dendam pribadi antara pelaku dan korban.

Kapolsek Ngantru, AKP Puji Widodo, mengatakan kesimpulan sementara itu diperoleh polisi setelah memeriksa pelaku pembacokan, Juremi (65) warga Desa Pinggirsari, Kecamatan Ngantru. Dari pengakuan pelaku, kenekatannya membacok adik iparnya, Suhanto (69), Henik Nuryanti (45) (anak Suhanto) dan Legistio Sulung Wega Kusuma (19) (cucu Suhanto) dipicu perilaku korban Suhanto yang dinilai sering menganiaya istri korban.

"Pengakuannya, istri korban yang juga adik kandung pelaku itu dulunya sering dianiaya oleh korban Suhanto, sehingga memunculkan dendam hingga akhirnya terjadi penganiayaan itu," kata Puji, Jumat (16/8/2019).

Untuk memastikan ada tidaknya motif lain dari pembacokan itu, polisi masih akan melakukan serangkaian penyidikan mendalam dengan memeriksaan secara intensif terhadap pelaku maupun saksi dan korban.

Puji menyebut, dalam aksi pembacokan yang terjadi semalam, pelaku Juremi telah mempersiapkan alat berupa sabit sejak dari rumah.


"Kemudian antara pelaku dan korban ini sama-sama menjadi tamu, namun kemudian pelaku secara membabi-buta melakukan penganiayaan dengan membacokkan sabit itu kepada Suhanto," ujarnya.

Sedangkan terkait adanya dua korban lain, Henik dan Legistio merupakan dampak dari upaya mereka untuk melerai tindakan sadis tersangka Juremi.

"Kalau sasarannya memang Suhanto, sedangkan yang lain tidak sengaja," imbuhnya.

Dalam perkara ini, polisi mengamankan sebilah sabit yang masih berlumuran darah, pakaian serta songkok. Sedangkan pelaku langsung ditahan di Mapolsek Ngantru untuk proses hukum lebih lanjut.

"Tersangka kami jerat pasal 351 KUHP," imbuh Puji.

Sebelumnya Juremi secara membabi-buta menyabetkan sebilah sabit kepada adik iparnya Suhanto di acara hajatan pernikahan tetangganya. Selain Suhanto Dua korban lain yakni Henik dam Legistio juga turut menjadi korban saat berusaha melerai.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed