detikNews
Jumat 16 Agustus 2019, 10:20 WIB

Momen Puluhan Tukang Becak di Pacitan Sarapan Bareng Polisi

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Momen Puluhan Tukang Becak di Pacitan Sarapan Bareng Polisi Puluhan tukang becak saarapan di Mapolres Pacitan/Foto: Purwo Sumodiharjo
Pacitan - Beragam cara dilakukan untuk merayakan kemerdekaan. Salah satunya seperti dilakukan Polres Pacitan yang mengajak puluhan tukang becak sarapan bareng.

Seperti pantauan detikcom, puluhan abang becak duduk bersila di halaman mapolres, Jl Ahmad Yani. Mereka duduk bersila melingkar dengan posisi di atas karpet warna biru.

"Kegiatan semacam ini semoga bisa mempererat tali silaturahim sekaligus ungkapan syukur kita atas Kemerdekaan RI. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan keberkahan dan keselamatan," kata AKBP Sugandi, Kapolres Pacitan di depan puluhan tukang becak, Jumat (16/8/2019).

Untuk memeriahkan HUT RI, lanjut kapolres, pihaknya menggelar beberapa kegiatan sosial. Antara lain pembagian air bersih ke kawasan rawan kekeringan, pengobatan gratis dan sunatan massal. Polres juga ikut membangun gapura untuk dilombakan di tingkat polda.


Bangunan gapura, lanjut Sugandi, merupakan simbol penyambutan. Artinya, jajaran di bawahnya menunjukkan komitmen siap melayani, melindungi, dan mengayomi masyarakat. Bangunan berbentuk pilar itu juga dapat diartikan tekat untuk terus berbenah dan memperbaiki diri sesuai semboyan 'Promoter'.

"Jadi kita harapkan momen ini sekaligus menjadi penyemangat anggota untuk menjadikan Polri yang profesional, modern dan terpercaya," imbuhnya.

Usai memberikan sambutan singkat, kapolres mengajak hadirin berdoa bersama. Doa dipimpin Jamirun, anggota Satbimas.


Puluhan tukang becak tampak khusuk menundukkan kepala selama rangkaian kalimah tayibah dilantunkan. Bersamaan dibagikannya menu nasi bungkus, kapolres mengajak abang becak menikmati sarapan pagi.

"Remen sanget, Pak. Saget sarapan sareng Pak Polisi. Kula sampun sering diundang kok. (Senang sekali, Pak. Bisa sarapan bersama Pak Polisi. Saya sudah sering diundang kok)," kata Sokiman, tukang becak kayuh asal Desa Bangunsari.

Makan pagi selesai. Sebagian menu diletakkan di atas bangku becak untuk dibawa pulang. Sembari keluar dari halaman polres, satu per satu tukang becak menerima bingkisan dari kapolres.

Sebelum meninggalkan lokasi, mereka diajak berbaris di depan gapura. Mereka mengepalkan tangan lantas serentak meneriakkan yel-yel 'Dirgahayu HUT RI. SDM Unggul, Indonesia Maju'.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed