detikNews
Kamis 15 Agustus 2019, 18:53 WIB

Momentum HUT RI, Wagub Emil Ajak Masyarakat Indonesia Introspeksi

Hilda Meilisa - detikNews
Momentum HUT RI, Wagub Emil Ajak Masyarakat Indonesia Introspeksi Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak mengajak masyarakat introspeksi diri. Terlebih di momentum menjelang HUT RI ke-74.

Emil menyinggung pertanyaan masyarakat yang sering menyebut untuk apa sudah 74 tahun merdeka, jika belum merdeka dari kemiskinan dan korupsi. Emil mengatakan justru hal ini merupakan tugas masyarakat untuk memperbaikinya.

"Seperti yang saya katakan tadi, kemerdekaan apa kalau misalnya ada yang miskin, masih ada korupsi dan banyak masalah yang fundamental gitu. Tapi justru itu pertanyaan untuk kita sendiri, apa solusinya kalau tidak merdeka lalu kita serahkan pada bangsa lain?," kata Emil di sela pengibaran bendera raksasa di Masjid Al Akbar Surabaya, Kamis (15/8/2019).

Emil menambahkan yang menentukan nasib bangsa ini adalah masyarakat sendiri. Untuk itu, Emil mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak bersama melawan kemiskinan dan korupsi untuk Indonesia sejahtera.

"Ini yang harus kita introspeksi pada diri kita sendiri. Bahwa yang menentukan nasib bangsa kita ya diri kita sendiri bukan orang lain. Maka semua harus bersatu, harus benar-benar menghargai bangsa kita dan Indonesia didirikan di atas kemajemukan yang kemudian ada suatu kesepakatan, nilai-nilai bangsa yang dituangkan dalam Pancasila, dalam UUD 1945 mewujudkan NKRI yang menghargai kebhinnekaan," papar Emil.


Di kesempatan yang sama, Emil menyebut ancaman bangsa ini memang cukup besar. Emil juga sempat menyinggung terkait banyaknya perbedaan yang justru menciptakan perpecahan. Suami Arumi Bachsin ini tak ingin hal ini terus terjadi.

"74 Tahun artinya kita sudah tigaperempat jalan menuju satu abad. Ini tentunya momentum penting karena kondisi global mengalami banyak sekali perkembangan hari ini. Nilai-nilai kebangsaan kita kerap kali diuji, ada perbedaan-perbedaan pandangan yang menciptakan perpecahan," imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Emil mengingatkan masyarakat jika perbedaan justru harus mencipta kesatuan, bukan perpecahan.

"Alhamdulillah saat ini kita harus fokus karena tantangan global semakin berat, jangan sampai teralihkan perhatiannya untuk hal-hal yang tidak membawa bangsa kita lebih maju. Sama-sama kita harus punya keinginan untuk Indonesia maju," pungkasnya.



Lomba Hias Keramba Jaring Apung, Peringati HUT RI:

[Gambas:Video 20detik]


(hil/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed