detikNews
Kamis 15 Agustus 2019, 17:14 WIB

Jelang HUT RI, Patung Penari Thengul Hiasi Gerbang Polres Bojonegoro

Ainur Rofiq - detikNews
Jelang HUT RI, Patung Penari Thengul Hiasi Gerbang Polres Bojonegoro Foto: Ainur Rofiq
Bojonegoro - Replika lambang negara Garuda Pancasila dan dua patung penari thengul menghiasi pintu gerbang Mapolres Kota Minyak Bojonegoro. Gapura setinggi dan lebar 8 meter itu dihias indah menjelang perayaan HUT RI.

"Sengaja kita tampilkan wayang tenghul di gapura gerbang mako ini untuk ikut menghidupkan kembali kesenian asli Bojonegoro yang saat ini gencar dipublikasikan untuk jadi icon daerah. Dan sangat tepat jika di momen agustusan ini kita ikut menampilkannya di sini," kata Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli kepada detikcom saat dikonfirmasi, Kamis (15/8/2019).

Kapolres menambahkan pihaknya mengajak warga berkomitmen bersama untuk menjaga dan melestarikan budaya dan kearifan lokal.


"Bahkan pada perayaan HUT ke-74 RI di Istana Negara Jakarta, para tamu negara akan dihibur dengan tarian Thengul khas Bojonegoro nanti," tambahnya.

Pembuatan gapura itu dilakukan anggota Polres Bojonegoro. Sebelumreplika lambang negara Pancasila dipasang di atas gapura, terlebih dulu dilakukan berbagai rangkaian upacara. Setelah itu Kapolres Bojonegoro memasang lambang negara di atas gapura menggunakan mobil crane.



Tonton video Saat Jokowi Pantau Geladi Bersih Upacara HUT RI:


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed