detikNews
Kamis 15 Agustus 2019, 11:13 WIB

ASN Pemkab Situbondo Ramaikan Parade Kereta Kencana di HUT ke-201

Ghazali Dasuqi - detikNews
ASN Pemkab Situbondo Ramaikan Parade Kereta Kencana di HUT ke-201 Parade kereta kencana/Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo - Parade kereta kencana mewarnai Hari Jadi ke-201 Kabupaten Situbondo (Harjakasi), Kamis (15/8/2019). Ada 7 kereta kencana yang dikendarai pimpinan daerah, saat hendak mengikuti apel Harjakasi, di Alun-Alun Situbondo.

Kereta kencana Forkopimda yang sengaja didatangkan dari Yogjakarta ini dikirab dari kantor Bupati Situbondo di Jalan PB Soedirman. Lalu menyusuri rute jalan A Yani, Jalan KHR As'ad, Syamsul Arifin, hingga finisH di jalan RA Kartini atau sisi selatan Alun-Alun Situbondo.

Pengamatan detikcom menyebutkan, parade kereta kencana ini berlangsung cukup semarak. Hampir di sepanjang jalan yang dilalui, kirab disambut dengan barisan siswa SD yang berjejer rapi di tepian jalan. Mereka pun segera mengangkat dan mengibarkan bendera merah putih ukuran mini, saat parade kereta kencana melintas di depannya.

Di belakang kereta kencana, para ASN Pemkab Situbondo berbaris mengikuti. Menariknya, semua yang terlibat dalam parade hingga para siswa yang berjejer di tepi jalan, seluruhnya menggunakan pakaian khas Situbondo bernama 'Rasok' dan menggunakan menutup kepala 'Odheng Jenggher'. Bahkan, petugas upacaranya pun juga menggunakan Rasok dan Odheng Jengger, pakaian khas Situbondo.

"Naik kereta kencana bersama Forkopimda itu memiliki nilai filosofi, yakni budaya kebersamaan yang sudah terbangun," kata Bupati Situbondo, H Dadang Wigiarto usai apel Harjakasi ke-201.


Tak hanya itu, parade juga sebagai simbol dukungan masyarakat dan internal pemerintah terhadap para pemimpinnya. Karena itu, memasuki usinya yang ke 201 pemkab Situbondo lebih optimis dan memiliki peluang untuk pembangunan Situbondo ke depan. Sehingga Situbondo tidak hanya menjadi daerah berkembang, tetapi harus menjadi daerah yang maju.

"Melalui Harjakasi ke 201 ini Situbondo semakin percaya diri tapi tidak sombong. Kami akan terus bekerja keras demi Situbondo lebih baik. Tapi tentu dengan tetap berharap ridho dari Allah," papar Bupati Dadang.

Apel Harjakasi bertema 'Merajut Kebersamaan Menyongsong Situbondo Lebih Baik' merupakan rangkaian kegiatan Harjakasi ke 201. Sebelumnya, para pejabat Pemkab dan Forkopimda juga melakukan ziarah ke makam para 'sesepuh' kabupaten. Termasuk ziarah ke makam pahlawan nasional, KHR As'ad Syamsul Arifin, di Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Situbondo. Pemkab juga memberikan santunan kepada anak-anak yatim di Situbondo.

"Penelusuran Hari Jadi Kabupaten Situbondo ini berlangsung melalui proses kajian yang cukup panjang. Bupati ke-1 Besuki KRT Prawiroadinngrat secara resmi diangkat dan dilantik pada 18 Agustus 1818. Beliau merupakan sosok yang sosok pemimpin yang visioner dan modern. KRT Prawiroadiningrat juga sosok pemimpin yang revolusioner," tandas Ketua DPRD Situbondo, Bashori Sanhaji, saat membacakan sejarah singkat Harjakasi.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed