detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 14:29 WIB

Ini Nama-nama yang Digadang Gantikan Pakde Karwo Jadi Ketua Demokrat Jatim

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Ini Nama-nama yang Digadang Gantikan Pakde Karwo Jadi Ketua Demokrat Jatim Soekarwo/Foto file: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Ada banyak nama yang digadang-gadang menjadi pengganti Soekarwo sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jatim. Mulai dari Gubernur Khofifah Indar Parawansa sampai Ketua Muda-Mudi Demokrat Bayu Airlangga.

Mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jatim. Politikus yang akrab disapa Pakdhe Karwo itu mengundurkan diri karena menjadi Komisaris Utama PT Semen Indonesia.

Lalu, siapa sosok yang cocok menggantikan Pakdhe Karwo? Nama Gubernur Khofifah hingga Wagub Emil Elestianto Dardak sempat mencuat. Sementara dari lingkup partai, nama Sekretaris DPD PD Jatim Renville Antonio hingga Ketua Muda-Mudi Demokrat Bayu Airlangga juga turut digadang-gadang.

Menanggapi hal itu, Renville mengatakan pihaknya menyambut baik jika ada publik figur Jatim yang bersedia menggantikan Pakdhe Karwo. Namun, Renville menambahkan dirinya masih menunggu keputusan pusat.


"Yang jelas Mas Emil Dardak saat ini sudah sebagai anggota Partai Demokrat. Dia sudah keluarga besar kami. Nah perkara nanti beliau mau ditunjuk DPP atau ikut di konstelasi Musda ya kami senang-senang saja," papar Renville kepada detikcom di Surabaya, Rabu (14/8/2019).

"Tapi itu kan mekanisme partai, jadi kami mengikuti semuanya. Nanti kan yang memilih kan ketua-ketua DPC," imbuhnya.

Sementara saat disinggung terkait namanya yang masuk bursa, Renville justru merasa nama-nama lain lebih cocok mengisi jabatan ini. Misalnya saja publik figur di Jatim seperti gubernur, wagub hingga Ketua DPRD Jatim.

"Ndak-ndak. Saya terus terang tugas saya mengawal dan menjalankan tugas partai. Kalau kami melihat namanya ketua partai, ketua DPD itu harus public figure yang memiliki jabatan di publik. Kayak Mas Emil, Bu Khofifah itu pantas karena memiliki jabatan publik. Atau ketua DPR. Tapi kalau saya yang saat ini sudah bukan apa-apa saya rasa sudah tidak pas untuk menjabat Ketua Partai. Tapi kalau untuk menjalankan yang memang sudah kewajiban saya," jelas Renville.


Sementara itu, salah satu Kader Demokrat Muhammad Saifuddin mengatakan susah mencari sosok pengganti Pakdhe Karwo. Terlebih, Pakdhe Karwo memiliki prestasi yang banyak saat menjabat gubernur hingga Ketua DPD PD.

Namun, Sekretaris DPC Partai Demokrat (PD) Kabupaten Sampang ini melihat jika dalam lingkup partai ada sosok anak muda yang diharapkan mampu membawa Partai Demokrat lebih baik. Nama tersebut yakni Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim Renville Antonio dan Ketua Muda Mudi Demokrat Jatim Bayu Airlangga.

"Untuk penggantinya yang mampu seperti beliau mungkin saat ini sulit. Namun, ada di kalangan muda yang saya nilai sangat mumpuni untuk meneruskan memimpin Partai Demokrat Jawa Timur ada dua nama itu tadi. Mereka adalah kader yang luar biasa," ujarnya.

"Untuk Mas Bayu saya nilai pantas memimpin Partai Demokrat Jatim. Dia memiliki banyak ide cemerlang, dan saya yakin di tangannya, Partai Demokrat akan berjaya di Jawa Timur," pungkasnya.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed