Pelantikan DPRD Malang Sebentar Lagi, Siapa Bakal Jadi Ketua?

Pelantikan DPRD Malang Sebentar Lagi, Siapa Bakal Jadi Ketua?

Muhammad Aminudin - detikNews
Senin, 12 Agu 2019 16:19 WIB
DPRD Kota Malang (Muhammad Aminudin/detikcom)
DPRD Kota Malang (Muhammad Aminudin/detikcom)
Malang - PDIP memiliki hak menduduki kursi Ketua DPRD Kota maupun Kabupaten Malang karena memperoleh suara terbanyak di Pileg 2019. Kini, siapa yang akan menjadi Ketua DPRD periode 2019-2024 bergantung pada keputusan DPP PDIP.

Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur Sri Untari menyatakan mekanisme pemilihan calon Ketua DPRD diawali usulan dari DPC, baik itu Kota maupun Kabupaten Malang.

Tiga nama yang diusulkan, lanjut dia, kemudian diserahkan kepada DPD Jawa Timur untuk dipertimbangkan. "Setelah itu, diserahkan ke DPP. Tiga nama yang diusulkan kemudian diseleksi melalui fit and proper test. Mulai bagaimana kekaderannya, pengetahuan kedewanannya," kata Sri Untari saat dihubungi detikcom, Senin (12/8/2019).


"Setelah itu, DPP yang akan memberikan keputusan terhadap siapa yang dicalonkan," imbuhnya.

Ketiga nama yang diusulkan adalah mereka yang menduduki posisi Ketua, Sekretaris, serta Bendahara DPC. "Nama yang diusulkan memang diprioritaskan kepada KSB (ketua, sekretaris, bendahara) DPC," terangnya.

Sekadar untuk diketahui, Ketua DPC PDIP Kota Malang dijabat oleh Made Riandana Kartika, yang juga caleg terpilih di Pileg 2019.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Kabupaten Malang dijabat Didik Gatot Subroto. Ia merupakan caleg petahana yang sebelumnya menjabat Komisi I DPRD Kabupaten Malang.


Di DPRD Kota Malang, PDIP memperoleh kursi terbanyak, yakni 12 kursi dari total 45 kursi yang ada. Kemudian di DPRD Kabupaten Malang, PDIP juga mendapatkan 12 kursi dari total 50 kursi.

Pelantikan DPRD periode 2019-2024 akan digelar pada 26 Agustus mendatang. Jika keputusan DPP belum keluar hingga waktu pelantikan, DPC bisa bermusyawarah untuk memutuskan Ketua DPRD sementara.

"Keputusan itu bisa melalui hasil musyawarah di tingkat DPC. Karena setidaknya masih ada waktu sebulan ke depan. Bersamaan dengan pembentukan tatib Dewan beserta alat kelengkapannya," pungkasnya.





Tonton Video Mendagri Ambil Alih Pelantikan Sekda Kaltim:

[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)