detikNews
Senin 12 Agustus 2019, 09:19 WIB

5 Kali Getaran Gempa Terasa di Jember

Yakub Mulyono - detikNews
5 Kali Getaran Gempa Terasa di Jember Foto: Tangkapan layar
Jember - Gempa bumi Magnitudo 4,3 mengguncang Kabupaten Jember sekitar pukul 05.55 WIB, Senin (12/8/2019). Tercatat, guncangan gempa yang berpusat di kedalaman 10 km di 9,54 Lintang Selatan dan 113,84 Bujur Timur 152 km arah tenggara dari Jember itu terjadi lima kali.

Hingga pukul 08.00 WIB, Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Jember belum menerima info dampak dari guncangan gempa tersebut.

"Gempa terjadi lima kali getaran selama beberapa detik, terasanya tiga kali. Tapi untuk wilayah kota atau Jember utara, yang terasa hanya dua kali," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo saat dimintai konfirmasi wartawan melalui ponselnya.


Tapi belum ada laporan terkait dampak gempa. "Hingga saat ini belum ada laporan masuk ke Pusdalops yang menyampaikan dampak gempa. Masih kami awasi, dan tetap melakukan pemantauan," katanya.

Heru menjelaskan informasi gempa akan terus dipantau dan masyarakat diimbau tetap tenang.

"Jangan mudah percaya informasi hoaks. Karena gempa tidak ada yang tahu kapan terjadi, tetapi kalau mengetahui di mana lokasi pusat gempa, berapa getarannya, itu yang bisa diketahui. Jadi kami mohon untuk tetap tenang dan waspada," tandasnya.



Tonton juga video Kesaksian Korban Gempa Banten yang Rumahnya Roboh:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com