Penggunaan Besek Saat Berkurban Bukan Hal Baru di Mapolres Tuban

Ainur Rofiq - detikNews
Minggu, 11 Agu 2019 20:40 WIB
Besek berisi daging kurban yang siap dibagikan/Foto: Ainur Rofiq
Tuban - Pembagian daging kurban menggunakan besek ternyata bukan hal baru di Mapolres Tuban. Lantas, apa yang membuat Polres Tuban tidak menggunakan plastik?

Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono menuturkan, pembagian daging kurban di kantornya selalu menggunakan besek bambu sejak dua tahun terakhir. Selain karena tampak lebih rapi, penggunaan besek juga lantaran ada kampung yang memproduksi besek di Kecamatan Soko.


"Alhamdulillah kami sudah dua tahun ini menggunakan bungkus besek bambu untuk distribusi daging kurban Idul Adha. Selain mengurangi sampah plastik, di Tuban ternyata ada perajin besek sehingga bisa memberi berkah tersendiri bagi warga perajin," kata Nanang, Minggu (11/8/2019).

Nanang menambahkan, daging sapi kurban didistribusikan ke siapa saja yang membutuhkan. Seperti kepada warga sekitar mapolres, santri pondok pesantren, kelompok pemuda, serta masyarakat lainnya di Bumi Ronggolawe.


Dalam satu besek berisi satu kilogram daging sapi. Di Idul Adha tahun ini, lebih dari 1.000 besek daging kurban dibagikan para anggota Polres Tuban. Ada 6 ekor sapi dan 64 kambing yang disembelih Polres Tuban.

Momentum Idul Adha diharapkan dapat memberikan berbagai manfaat bagi warga melalui daging kurban. Bersama para anggotanya, Nanang turut membagikan daging kurban kepada masyarakat di halaman mako.

(sun/bdh)