200 PJU Tenaga Surya di Ponorogo Hanya Nyala 2 Jam, Mengapa?

Charoline Pebrianti - detikNews
Kamis, 08 Agu 2019 12:59 WIB
PJU tenaga surya Ponorogo (Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo - Sebanyak 200 penerangan jalan umum (PJU) bertenaga surya di Ponorogo tak berfungsi maksimal. Penyebabnya adalah daya tahan baterai hanya 2 tahun.

Belum ada upaya penggantian baterai PJU. Mengapa?

"Pengadaan (lampu) itu tahun 2015," tutur Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Ponorogo Djunaedi kepada detikcom, Kamis (8/8/2019).

Djun menjelaskan total ada 260 lampu dari Pemprov Jatim yang diperbantukan ke Pemkab Ponorogo. Setelah diinventarisasi, lampu PJU yang fungsinya tak maksimal ada 200 buah.


"Yang umurnya sudah 1-2 tahun cuma nyala 2 jam, habis itu mati," terang dia.

Saat disinggung soal usaha Dishub untuk perbaikan, Djun menerangkan dirinya sudah berkoordinasi dengan pihak Pemprov untuk perbaikan dan perawatan, namun sampai saat ini tidak ada jawaban.

"Di samping itu, kalau kita punya anggaran, kita tidak bisa serta merta memperbaiki aset yang bukan milik Pemkab. Ini menjadi masalah ketika ada temuan dan pemeriksaan, 'Ini bukan asetmu kok kamu perbaiki,'" papar dia.



Djun menegaskan hingga saat ini yang menjadi permasalahan adalah status kepemilikan 260 PJU tersebut. Untuk Ponorogo, lampu PJU merupakan milik Pemprov dan diperbantukan ke Pemkab Ponorogo. Namun, secara administrasi, belum ada serah-terima aset.

"Daripada ini menjadi masalah dan kami memang kekurangan anggaran, kita tidak bisa memperhatikan seluruh PJU tenaga surya yang ada di seluruh Ponorogo," tukasnya.

Dia menambahkan hingga saat ini pihaknya masih menunggu jawaban atas laporan rusaknya ratusan lampu PJU. "Kita masih menunggu hasilnya seperti apa," pungkas dia.



Pembangkit Tenaga Surya 100 MW Milik China yang Menakjubkan:

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)