Menengok Showroom dan Salon Kambing untuk Kurban di Ponorogo

Charolin Pebrianti - detikNews
Rabu, 07 Agu 2019 09:19 WIB
Pemilik showroom memandikan kambing. Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Di sudut Jalan Anjani, Kelurahan Pakunden, Kecamatan Ponorogo, tampak seorang pria keluar-masuk kandang kambing. Ia sibuk melakukan perawatan terhadap ratusan kambing miliknya.

Dia adalah Maiful Hadi, pemilik showroom sekaligus salon kambing khusus hewan kurban. Selain memberikan pakan, ia tampak sibuk memandikan kambing.

Pria berusia 51 tahun ini bahkan melakukan perawatan terhadap kambing-kambing yang akan dijualnya. Mulai memandikannya hingga menyisir dan memotong bulu serta kukunya.

"Kita menerapkan konsep dengan pemeliharaan standar bagus," kata Maiful saat ditemui detikcom di lokasi, Rabu (7/8/2019).


Ia percaya, memperlakukan hewan kurban dengan baik bisa menambah pahala. Maka dari itu, ia memperhatikan kebutuhan kambing, mulai pakan, pemeliharaan, kesehatan, dan kebersihan kandang maupun hewannya.

"Kita jamin kita pelihara secara bagus," terangnya.
Showroom kambing kurban di Ponorogo/Showroom kambing kurban di Ponorogo/ Foto: Charolin Pebrianti
Kambing di sini, lanjut Maiful, memiliki keunggulan karena diberi vitamin berupa probiotik tambahan. Efeknya bisa membuat nafsu makan kambing semakin tinggi serta proses metabolisme pencernaan semakin bagus.

"Penyerapan nutrisi dalam tubuh akan maksimal. Karena itu, kotoran yang keluar tidak bau, sehingga tidak akan menjadi masalah bagi lingkungan," imbuhnya.


Maiful menegaskan kambing-kambing yang akan ia jual dimandikan sekali dalam sepekan secara bergiliran. Kemudian dirapikan bulu dan kukunya, serta diperiksa kesehatannya.

"Kalau di sini kita sediakan kambing Jawa saja, dengan kisaran harga Rp 2,5-3 juta," paparnya.

Maiful menyediakan 200 ekor kambing untuk hewan kurban tahun ini. Dari jasa showroom dan salon kambing ini, Maiful meraup omzet Rp 600 juta.

"Kita di sini kambingnya yang sudah sesuai syariah, jadi pembeli tinggal milih," pungkasnya.


Salon Kambing Banyumas:

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)