Usai Mengisi 3 Drum BBM, Mobil Ini Mogok Lalu Meledak dan Terbakar

Enggran Eko Budianto - detikNews
Selasa, 06 Agu 2019 18:27 WIB
Mobil yang terbakar (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang - Sebuah mobil Toyota Avanza meledak dan terbakar di Jombang. Kejadian ini mengakibatkan sopir dan seorang penumpang mobil mengalami luka bakar.

Meledaknya mobil ini terjadi di Dusun Tambakberas gang 1, Desa Tambakrejo, Kecamatan Jombang. Saksi mata yang juga warga setempat, Abi Alzahir (31) mengatakan, mobil Avanza nopol W 1524 PX menepi di depan toko miliknya karena mogok sekitar pukul 12.45 WIB.

Sopir Avanza, Suwarno (54), warga Desa Tampingmojo, Kecamatan Tembelang, Jombang, turun untuk memperbaikinya. Sementara di kursi penumpang terdapat Arif Sudarwanto (31), warga Desa Purisemanding, Kecamatan Plandaan, Jombang. Sekitar 15 menit kemudian, mobil meledak dan terbakar.

"Sepertinya akibat korsleting listrik. Saat parkir, pintu kanan depan dibuka. Sopirnya menunduk sambil membetulkan kabel-kabel di dalam mobil," kata Abi kepada wartawan di lokasi, Selasa (6/8/2019).

Seketika api membesar membakar mobil tersebut. Sambaran api juga mengakibatkan Suwarno dan Arif terluka. Keduanya dievakuasi warga ke RSI Jombang.


Foto: Enggran Eko Budianto


"Kondisi sopir dan penumpangnya terbakar," ujar Abi.

Warga sekitar juga membantu memadamkan api dengan alat seadanya. Api baru bisa dijinakkan setelah 2 mobil pemadam kebakaran (PMK) dari BPBD Jombang didatangkan ke lokasi.

Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Jombang Gunadi menjelaskan, sebelum melintas di kawasan Tambakrejo, korban usai belanja BBM di SPBU Sambong. Mereka mengisi BBM ke dalam 3 drum yang diletakkan di dalam mobil. Sampai di lokasi kebakaran, mobil Avanza tersebut mogok.

"Diketahui mobil mogok karena ada korsleting kelistrikannya. Saat dicoba untuk diperbaiki, muncul percikan api. Kemudian api membesar dan mengenai tangki BBM," terangnya.

Selain menghanguskan mobil Avanza, insiden ini juga mengakibatkan Suwarno dan Arif mengalami luka bakar. "Korban Suwarno luka bakar 20 persen, Arif 12 persen," tandas Gunadi.




Tonton Video Video Mobil Terbakar di SPBU Konawe Selatan:

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)