detikNews
Minggu 04 Agustus 2019, 20:00 WIB

Bayi Laki-laki yang Dibuang di Pasar Dirawat di RSUD Trenggalek

Adhar Muttaqin - detikNews
Bayi Laki-laki yang Dibuang di Pasar Dirawat di RSUD Trenggalek Bayi dibuang di pasar dirawat di RSUD/Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek - Bayi laki-laki yang ditemukan di lapak pedagang Pasar Gandusari kini menjalani perawatan di RSUD dr Soedomo Trenggalek. Bupati berharap pihak rumah sakit memberikan penanganan maksimal terhadap sang bayi.

Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin, mengatakan setelah sempat menjalani penanganan pertama di Puskesmas Gandusari, korban penelantaran itu langsung dirujuk ke RSUD guna mendapatkan perawatan yang lebih intensif.

"Pokoknya kami akan melayani bayi ini hingga paripurna, mulai pelayanan bayi terkait pelayanan kesehatannya maupun mendampingi bayi ini sampai ke provinsi," kata Mochammad Nur Arifin, Minggu (4/8/2019).


Bupati mengaku prihatin atas kejadian pembuangan bayi tersebut, padahal menurutnya anak adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa harus dijaga dan dirawat dengan baik.

"Jangan senekat ini, banyak di luar sana yang berharap mendapat rezeki punya anak. Saya harap berfikir sebelum bertindak kalaupun ada sesuatu yang telah terjadi. Meskipun saya tidak tahu kasusnya seperti apa, tolonglah anaknya jangan dibuang," ujarnya.

Orang nomor satu di Pemkab Trenggalek ini mengimbau masyarakat khususnya para pemuda untuk menjaga pergaulan dengan baik, sehingga tidak muncul dampak negatif, seperti halnya pembuangan bayi.

Sebelumnya sesosok bayi laki-laki yang baru dilahirkan ditemukan pedagang Pasar Gandusari di lapaknya. Bayi tersebut diletakkan dalam kardus dan hanya dilapisi jas hujan, lengkap dengan ari-arinya. Beruntung bayi tersebut dalam kondisi hidup dan masih bisa diselamatkan.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com