detikNews
Sabtu 03 Agustus 2019, 17:36 WIB

Pencurian Rumah Kosong Modus Naik Atap Marak di Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Pencurian Rumah Kosong Modus Naik Atap Marak di Pasuruan Pelaku pencurian di Pasuruan/Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Pencurian rumah kosong modus naik atap semakin marak di Pasuruan. Para pelaku naik ke atas rumah, merusak genting atau pintu jemuran lalu masuk dan menguras harta di dalam rumah.

Dua orang yang terlibat dalam kasus pencurian rumah kosong modus jebol atap berhasil diamankan. Mereka yakni MS (36) pelaku dan VBD (22) seorang penadah. Keduanya kuli bangunan asal Desa Susukanrejo Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan.

"Pencurian dilakukan di rumah kosong di Perum Tambakyudan Makmur, Kelurahan Kebonagung Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan, pada Jumat, 12 Juli 2019," kata Kasat Reskrim Polresta Pasuruan AKP Slamet Santoso, Sabtu (3/8/2019).

Aksi pencurian MS dilakukan dengan lebih dulu memastikan bahwa rumah sasaran benar-benar kosong. Setelah itu pelaku datang ke lokasi dengan membawa motor.

"Setelah berhenti di suatu tempat, MS memarkir motor tak jauh dari rumah sasaran. Kemudian berjalan laki ke rumah korban. Ia memanjat pagar depan rumah, kemudian masuk ke dalam teras dan memanjat cor-coran teras dan naik ke lantai atas lalu berjalan ke belakang melalui genting," terang Slamet.


Sampai di bagian belakang rumah MS merusak pintu jemuran yang terbuat dari plastik dengan menggunakan alat berupa linggis yang dibawa dari rumah. Setelah pintu berhasil dirusak, ia masuk ke dalam rumah dan turun ke lantai dasar. Setelah itu ia memasuki setiap kamar di dalam rumah.

"Di salah satu kamar, MS menemukan sebuah almari. Ia langsung menjebol almari dan menemukan uang tunai sebesar Rp.2.000.000. Selain uang, juga terdapat handphone dan tablet. Semuanya dibawa oleh MS," terang Slamet.

Dengan tenang, MS keluar dari dalam rumah melalui pintu tengah depan yang saat itu terdapat kunci pintu yang menempel. Ia menutup kembali pintu lalu kabur.

"Korban menderita kerugian total Rp 5.000.000," jelas Slamet.

Atas laporan korban, polisi berhasil amankan pelaku pada Kamis (1/8/2019).

Kasus pencurian rumah kosong marak di Pasuruan. Senin lalu, 5 warga Kota Pasuruan diamankan. Mereka terlibat dalam pembobolan toko dan rumah kosong di wilayah Kota Pasuruan. Modusnya juga naik lewat atap.


Tonton Video Komplotan Pembobol Rumah Kosong di Kendari Ditangkap Saat Pesta Sabu:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com