detikNews
Selasa 30 Juli 2019, 18:55 WIB

BPBD Jatim Sebut 99% Kebakaran Hutan Disebabkan Ulah Manusia

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
BPBD Jatim Sebut 99% Kebakaran Hutan Disebabkan Ulah Manusia Kebakaran di Gunung Panderman/Foto file: Istimewa
Surabaya - Dalam dua pekan terakhir, ada dua kasus kebakaran gunung yang terjadi di Jawa Timur. Yakni di Gunung Panderman dan Gunung Arjuno yang lokasinya masuk wilayah Kota Batu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim Suban Wahyudiono mengatakan, kasus kebakaran hutan dan lahan hampir seluruhnya disebabkan ulah manusia. Jika dipersentasekan mencapai 99 persen.

"Untuk kebakaran itu memang kebakaran lahan dan hutan itu 99 persen ulah manusia," kata Suban kepada detikcom di Surabaya, Selasa (30/7/2019).


Suban mengingatkan seluruh masyarakat agar lebih mencintai alam. Terutama para pendaki atau siapa saja yang kerap melakukan kegiatan di alam terbuka. Ia mengimbau agar berhati-hati dengan api. Jadi jika membuat api unggun atau menyalakan api di gunung, pastikan api benar-benar mati sebelum ditinggal pergi.

"Jadi harapannya kalau mungkin kelalaian teman-teman yang di sana, kalau buang-buang atau setelah melakukan bakar-bakar segera dimatikan atau ditimbun di tanah, dan membuang puting rokok juga hati-hati," imbuh Suban.


Terkait kebakaran di Gunung Arjuno, hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan pemantauan di beberapa titik. Pemantauan ini dilakukan oleh beberapa tim selama tiga hingga empat hari.

"Ini memang akan tetap dipantau terus, akan ada yang menjaga, khawatirnya nanti kalau ada angin keras, nyala lagi. Kira-kira tiga sampai empat hari ke depan lagi akan dipantau," imbuhnya.

"Ada tim yang ke sana mulai dari BPBD Provinsi, BPBD Kota Batu, dari Koramil, polres dan Tagana, masyarakat dan relawan juga banyak di sana," pungkasnya.



Simak Juga 'Kebakaran Hutan di Riau, Kebun Sawit Menghitam Kena Dampaknya':

[Gambas:Video 20detik]


(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com