detikNews
Sabtu 27 Juli 2019, 18:53 WIB

Gubernur Khofifah Beri Nama 3 Bayi Harimau Benggala Putih Taman Safari Prigen

Muhajir Arifin - detikNews
Gubernur Khofifah Beri Nama 3 Bayi Harimau Benggala Putih Taman Safari Prigen Gubernur Khofifah memberi nama 3 anak harimau Benggala (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberi nama tiga bayi harimau Benggala putih yang baru lahir di Taman Safari Prigen, Pasuruan. Tiga bayi harimau menggemaskan tersebut belum punya nama sejak dilahirkan pada 27 April lalu.

Pihak Taman Safari sengaja menunggu momen kedatangan Khofifah bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional 2019, agar bisa menamai ketiga bayi harimau tersebut.

"Waduh, lucu sekali. Ini dua betina, satu jantan, ya," ujar Khofifah di Baobab Safari Resort, usai peringatan Hari Anak Nasional, Sabtu (27/7/2019).

Sebelum membubuhkan nama pada tiga papan yang disediakan, Khofifah mengamati tiga bayi harimau di depannya. Sesekali ia tersenyum karena terhibur tingkah lucu satwa tersebut.


"Yang perempuan satu, saya beri nama Mony, dari kata harmony. Harapannya agar bisa berharmoni dengan lingkungan baru dan satwa lainnya," katanya sambil membubuhkan tulisan nama.

Sebelum memberi nama bayi harimau berikutnya, ia menawari Wakil Bupati Pasuruan A Mujib Imron, yang mendampingi selama acara, untuk memberi nama. Namun Wabup Pasuruan mempersilakan Khofifah untuk memberi nama ketiga bayi harimau tersebut.

"Ini yang jantan namanya Bakti. Kalau betina satunya lagi, saya beri nama Nawa. Jadi namanya, Mony, Bakti dan Nawa," tutur Khofifah.

Curator Life Science Taman Safari Prigen, drh Ivan Chandra menyampaikan ketiga ekor anak harimau tersebut lahir dari indukan betina bernama Karina berusia lima tahun serta pejantan bernama Kalvano berumur enam tahun.

"Tiga bayi harimau putih ini terdiri dari dua betina dan satu jantan. Bayi pertama dilahirkan pada pukul 08.00, lima jam kemudian tepat pada pukul 13.00 lahir bayi kedua. Sedangkan bayi terakhir lahir pada pukul 14.00," kata Ivan.


Ketiga bayi harimau putih ini merupakan kelahiran keempat dari indukan Karina. Berat tubuh saat lahir berkisar 600-800 gram. Saat ini berat tubuhnya mencapai tiga kilogram.

"Kelahiran bayi harimau putih ini menambah koleksi satwa langka Taman Safari Prigen berjumlah 13 ekor," terang Ivan.

Hadirnya ketiga bayi harimau ini menjadi salah satu bukti keberhasilan breeding di Taman Safari Prigen. Apalagi untuk harimau benggala yang sudah termasuk ke dalam zona merah, yang artinya terancam punah. Bahkan, secara global populasi harimau benggala mengalami penurunan secara signifikan.

Simak Video "Gemas! Melihat Tingkah Dua Anak Beruang di Taman Safari Prigen"
[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +