Serunya Parade Budaya Topeng Internasional di Ponorogo

Charoline Pebrianti - detikNews
Sabtu, 27 Jul 2019 17:07 WIB
Foto: Charoline Pebrianti
Ponorogo - Tahun 2019 digadang-gadang menjadi tahun wisata di Ponorogo. Event ini dimanfaatkan betul dengan cara menggelar Parade Budaya Topeng Internasional.

Parade budaya ini sebagai penanda pembuka Ponorogo International Mask and Folklore Festival 2019 yang berlangsung pada 27-30 Juli 2019.

Bahkan ada 7 negara delegasi yang ikut bergabung dalam festival topeng Internasional yakni Rusia, Slovakia, Uzbekistan, Korea Selatan, Timor Leste, Ekuador, dan Meksiko.

"Mereka akan menampilkan kesenian masing-masing di sini, jadi kami harap bisa menjadi pengenalan masing-masing budaya," tutur Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni kepada detikcom di Pendopo, Jalan Alun-Alun Utara, Sabtu (27/7/2019).

Ipong menambahkan ada 180 peserta yang ikut dalam acara ini. Masing-masing perwakilan negara akan menampilkan topeng dan kesenian asli mereka ke masyarakat Ponorogo. Selain dari peserta negara asing pun juga ada peserta lokal serta nasional.

"Ini kerjasama yang bagus dengan International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Arts," terang dia.

Parade ini baru pertama kali diselenggarakan di Ponorogo. Gunanya untuk meningkatkan minat wisatawan asing untuk datang ke Ponorogo.


Salah satu peserta mancanegara (Foto: Charoline Pebrianti)


"Harapannya mereka bisa menyebarkan info soal Ponorogo, makin dikenal dan semakin banyak datang ke Ponorogo," imbuh dia.

Masing-masing perwakilan negara, lanjut Ipong, dipersilakan menampilkan kebudayaan tradisional mereka. Meski hanya ada dua negara, Ekuador dan Korea Selatan yang menampilkan pertunjukkan topeng. Ponorogo sendiri bakal menampilkan pertunjukkan seni reog.

"Mereka mengenalkan budaya masing-masing, baik dari tarian serta pakaian dan musik," tandas dia.

Sementara itu, salah satu peserta parade asal Mexico, Monica (18) mengaku senang bisa berkontribusi dalam festival topeng ini. Bahkan dia telah berlatih beberapa hari untuk persiapan.

"Kami akan menampilkan kesenian dari negara kami," tukasnya.

Selain ke Ponorogo, rombongan ini juga akan berkeliling ke Bojonegoro dan Surabaya untuk memperkenalkan pertukaran budaya supaya lebih mengenal Indonesia.

"Iya, kami berkeliling ketiga kota tersebut untuk berjalan-jalan dan mengenal Indonesia," pungkas dia.

Simak Video "Ular Piton Sembunyi di Motor, Petugas Berjibaku Mengevakuasi "
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)