detikNews
Sabtu 27 Juli 2019, 15:45 WIB

Berlatarbelakang Bidang Kesehatan, Bupati Jember Dinilai Layak Jadi Menkes

Yakub Mulyono - detikNews
Berlatarbelakang Bidang Kesehatan, Bupati Jember Dinilai Layak Jadi Menkes Bupati Jember dr Faida (Foto: Dok. Pemkab Jember)
Jember - Bupati Jember dr. Faida dinilai layak untuk masuk dalam jajaran kabinet yang akan dibentuk Jokowi. Latar belakang Faida di bidang kesehatan cocok untuk menduduki kursi menteri kesehatan.

"Kalau ditanya layak atau tidak, menurut saya Bu Faida ya layak untuk kursi menkes. Apalagi beliau kan cukup mumpuni di bidang kesehatan," kata Ketua DPC Partai NasDem Jember Marzuki Abdul Gofur, Sabtu (27/7/2019).

Menurut Marzuki, sebelum menjabat sebagai Bupati Jember, Faida merupakan Direktur sebuah rumah sakit swasta di Jember. Di tangannya, rumah sakit itu mengalami perkembangan yang sangat baik.

"Ini menunjukkan bahwa Bu Faida bisa melakukan manajemen dengan baik, dari sisi bisnis maupun dari sisi pelayanan," katanya.


Bahkan, sambung Marzuki, sejumlah penghargaan diraih Faida atas prestasi di bidang kesehatan. Yang terbaru pernghargaan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

"Atas pengabdian beliau bidang kesehatan, selama ini kan sering melakukan operasi katarak dan bibir sumbing gratis," tandasnya.

Mengenai pengalaman birokrasi, Marzuki menilai Faida selama ini konsisten dengan prinsip 3B (Baik tujuannya, Benar hukumnya, Betul caranya). Sehingga keputusan yang diambil benar-benar mengacu kepada peraturan yang berlaku.

"Ya memang dalam menata birokrasi untuk sekelas kabupaten Jember, pastilah tidak mudah. Semua ada plus minusnya. Tapi sejauh ini kan beliau komitmen dengan prinsip 3B yang digaungkan selama ini," ujarnya.


Namun, yang paling utama menurut Marzuki, jika Faida memang ditunjuk sebagai Menkes, akan menjadi kebanggaan tersendiri. Khususnya bagi masyarakat Jember.

"Pastilah bangga ya, jika ada warga Jember yang jadi menteri. Kalau saya bangganya dobel, karena selain warga Jember, Bu Faida ini kan juga pengurus DPD NasDem Jatim," katanya.

Simak Video "Alasan Jokowi Tunjuk Terawan Jadi Menkes: Orientasinya Preventif"
[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com