detikNews
Kamis 25 Juli 2019, 18:29 WIB

Kejari Ngawi Selamatkan Uang Negara Rp 1 Miliar dari Koperasi Nakal

Sugeng Harianto - detikNews
Kejari Ngawi Selamatkan Uang Negara Rp 1 Miliar dari Koperasi Nakal Kepala Kejaksaan Negeri Ngawi, Waito Wongateleng/Foto: Sugeng Harianto
Ngawi - Kejaksaan Negeri (Kejari) Ngawi menyelamatkan uang negara Rp 1 miliar. Uang tersebut dari dua koperasi simpan pinjam yang mencatut nama nasabah untuk pengajuan bantuan bagi pelaku UMKM dari Kementerian Koperasi dan UKM.

"Jadi ada dua koperasi simpan pinjam nakal. Memanfaatkan dana bergulir dari Kementerian Koperasi dan UKM untuk kepentingan pribadi. Dari dua koperasi itu total Rp 1 miliar dengan mencatut para nasabahnya secara diam-diam," kata Kepala Kejaksaan Negeri Waito Wongateleng kepada wartawan di kantornya, Kamis (25/7/2019).

Dua koperasi yang merugikan negara itu yakni Koperasi Rukun Agawe Santoso dan Koperasi Sumber Rejeki. Masing-masing koperasi mendapat kucuran dana APBN Rp 500 juta.


"Untuk kerugian negara dari Koperasi Rukun Agawe Santoso dan Koperasi Sumber Rejeki Rp 1 miliar masing-masing Rp 500 juta," terangnya.

Menurut Waito, dalam kasus tersebut Kejari Ngawi telah menetapkan dua tersangka sejak Selasa (23/7). Kedua tersangka itu pengurus koperasi.

"Rukun Agawe Santoso berinisial P dan Ketua Koperasi Sumber Rejeki berinisial S. Untuk Kedua tersangka tersebut, kita sudah melakukan penahanan. Saat ini telah ditahan di Rutan Ngawi," imbuhnya.


Waito menambahkan, dalam melancarkan aksinya kedua koperasi itu mencatut nama para nasabah untuk pengajuan proposal. Proposal yang diajukan ke Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah tanpa diketahui nasabah.

"Dana bergulir dari Kemenkop-UKM yang diberikan langsung ke koperasi melalui prosedur proposal pengajuan. Ada nama-nama yang akan menerima dari nasabahnya sendiri. Setelah dana cair tidak diberikan ke masing-masing nama. Atau diberikan tidak sesuai nominalnya. Dari hasil penyelidikan kita ternyata dipergunakan untuk kepentingan sendiri," pungkasnya.
(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com