Dua Pemuda yang 'Offroad' di Kuburan Ngaku Hanya untuk Lelucon dan Iseng

Muhajir Arifin - detikNews
Kamis, 25 Jul 2019 11:35 WIB
Dua pemuda yang 'offroad' di Kuburan/Foto: Tangkapan Layar
Pasuruan - Dua pemuda Pasuruan yang 'offroad' di kuburan hingga videonya viral buka mulut soal aksinya. Menurut mereka, aksi tersebut sekadar iseng dan hanya untuk lelucon belaka.

"Saya HM dan ZA. Warga Dusun Menangas Wetan, Desa Kebonrejo, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. Kami berdua adalah orang yang sengaja melindas makam di Dusun Menangas Wetan, Desa Kebonrejo, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan," kata HM dalam pernyataan video seperti dilihat detikcom, Kamis (25/7/2019) dini hari.

Pernyataan itu dibuat beberapa saat setelah keduanya diamankan polisi, Rabu (24/7) malam. Para pemuda itu diamankan polisi setelah video 'offroad' di kuburan yang mereka lakukan viral di media sosial dan diberitakan sejumlah media online.


"Sehubungan dengan aksi tercela yang kami lakukan pada Kamis 25 April 2019. Yakni dengan sengaja melindas beberapa makam atau kuburan yang videonya viral dan mendapat kecaman dari masyarakat. Maka dengan ini kami menyatakan perbuatan yang kami lakukan itu sangat tercela dan melanggar aturan serta bertentangan dengan norma agama manapun. Berkaitan itu kami memohon maaf yang sebesar-besarnya," ungkapnya.

Dalam pernyataan tersebut, keduanya mengatakan aksi tercela itu dilakukan hanya untuk bersenang-senang. Yakni sekadar iseng dan untuk lelucon belaka.


"Perbuatan tersebut kami lakukan murni untuk lelucon dan iseng belaka. Saya berjanji tak akan melakukan perbuatan tercela lagi. Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya," pungkas HM.

Selain mengamankan HM (17) dan ZA (12), polisi juga mengamankan FW (18) dan UM (28), warga Desa Kebonrejo. Keduanya yang merekam dan mengunggah video kemudian viral.

"Mereka kita amankan di polsek untuk proses lebih lanjut," kata Kapolsek Grati, AKP Suyitno. (sun/fat)