detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 12:20 WIB

Asap Putih Masih Mengepul di Hutan Gunung Panderman yang Terbakar

Muhammad Aminudin - detikNews
Asap Putih Masih Mengepul di Hutan Gunung Panderman yang Terbakar Asap putih masih mengepul di atas Gunung Panderman/Foto: Istimewa
Batu - Asap putih masih tampak di atas Gunung Panderman. Pertanda kobaran api masih membara di gunung tersebut.

Sebelumnya tim gabungan berjibaku secara manual untuk memadamkan api. Tercatat, masih ada tiga titik kebakaran di gunung setinggi 2.045 mdpl itu.

Dari beberapa foto yang diambil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu pagi ini, tampak asap putih mengepul di sejumlah titik.


Foto diambil dari Posko Pemadaman Gunung Panderman di area pacuan kuda Megastar Jalur Lingkar Barat Kota Batu. Atau sisi selatan dari Gunung Panderman.

Upaya pemadaman sudah dilakukan petugas gabungan sejak Senin (22/7) pagi. Namun mereka menemukan banyak kesulitan terkait kondisi lapangan. Curam dengan kemiringan 60 derajat membuat petugas kesulitan untuk menjangkau semak belukar yang terbakar.

Api yang berkobar di Gunung Panderman/Api yang berkobar di Gunung Panderman/ Foto: Istimewa

Upaya pemadaman hanya dilakukan dengan metode sekat bakar. Hari ini, setidaknya ada 128 personel gabungan yang terlibat dalam upaya pemadaman. Titik api telah merembet ke sisi selatan, dan masih berada di petak 227.


"Kita buka posko di Megastar Jalibar, di mana lokasinya di sisi selatan Panderman. Karena api bergerak ke wilayah itu (selatan), terlihat ada tiga titik api. Jadi ada dua posko dalam penanganan kebakaran ini," ujar Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Batu Achmad Choirur Rochim kepada wartawan, Selasa (23/7/2019).

Hingga saat ini, tercatat sudah hampir 60 hektare kawasan hutang lindung yang terbakar. "Untuk langkah pemadaman dengan metode water booming atau melalui udara masih kita koordinasikan dengan TNI AU. Sementara hari ini, dilakukan secara manual dengan menambah jumlah personel," terang Rochim.

Pagi ini, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko kembali hadir di posko penanganan kebakaran Gunung Panderman. Seperti hari sebelumnya, Dewanti memimpin rapat koordinasi tim gabungan sebelum bertolak menuju titik api.
(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com