detikNews
Minggu 21 Juli 2019, 13:25 WIB

Bus Akas Jurusan Surabaya-Probolinggo Hangus Terbakar di Sidoarjo

Suparno - detikNews
Bus Akas Jurusan Surabaya-Probolinggo Hangus Terbakar di Sidoarjo Bus Akas yang hangus terbakar/Foto: Suparno
Sidoarjo - Bus Akas kelas Ekonomi AC jurusan Surabaya-Probolinggo hangus terbakar di sekitar Pintu Tol Porong. Beruntung, 11 penumpang dan kru bus sudah lebih dulu turun sebelum terjadi letusan api berkobar.

Seperti informasi yang dihimpun detikcom di lokasi, bus Akas dengan nopol N 7046 US dikemudikan Suprapto Rahatjo (54) warga Probolinggo. Bus tersebut terbakar setelah melintas di pintu Tol Porong, Sidoarjo. Korsleting AC diduga menjadi penyebab bus itu terbakar.

"Awalnya yang terlihat itu asap putih di atas langit-langit bus. Melihat ada asap kami memberitahu ke sopir untuk menepi," kata sang kernet bus Yeyeng (36) kepada detikcom di lokasi, Minggu (21/7/2019).

Yeyeng menyampaikan, setelah bus berhenti, semua penumpang keluar melalui pintu depan. Setelah penumpangnya keluar ada suara letusan tidak begitu keras.


"Tadi sempat ada suara letusan makanya bus cepat terbakar," terang Yeyeng.

Menurut Petugas PJR Tol Jatim II, kebakaran terjadi sekitar pukul 11.05 WIB. Bus AKDP itu kini telah hangus dan menyisakan kerangkanya saja.
Proses pemadaman bus yang terbakar/Proses pemadaman bus yang terbakar/ Foto: Suparno
"Dari keterangan sopir bahwa setelah melewati gate tol, ada asap di atas bagian belakang bus. Kernet melihat itu kemudian memberitahukan ke pengemudi, kemudian bus dipinggirkan," kata Nanang dilokasi kejadian.

Nanang menambahkan, sejurus kemudian semua penumpang disuruh maju ke depan sebelum akhirnya berhamburan keluar. Bus tersebut membawa 11 penumpang dan 3 kru bus. Penumpang terdiri dari 7 pria dan 4 wanita.

"Semua selamat. Begitu bus minggir, semua turun," tambah Nanang.


Sopir dan kru bus meminta pertolongan ke petugas tol. Tak lama berselang, petugas PJR Jatim II juga tiba di lokasi.

Dua unit mobil pemadam kebakaran juga dikerahkan ke lokasi kejadian. Pukul 11.45 WIB, api sudah padam.

Bangkai bus kemudian diderek, dievakuasi ke pos satelit. Petugas pun memintai keterangan beberapa saksi serta melakukan olah TKP untuk memastikan penyebab kebakaran.

"Dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat korsleting listrik di AC bus antar kota dalam provinsi tersebut. Tapi untuk pastinya, butuh penyelidikan lebih lanjut," pungkasnya
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com