detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 13:23 WIB

Suhu Dingin 3 Derajat di Kawah Ijen Tak Pengaruhi Kunjungan Wisatawan

Ardian Fanani - detikNews
Suhu Dingin 3 Derajat di Kawah Ijen Tak Pengaruhi Kunjungan Wisatawan Kawah Ijen (Foto: Ardian Fanani/File)
Banyuwangi - Meski suhu dingin hingga menyentuh 3 derajat celcius, Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen tetap menjadi primadona bagi wisatawan. Rata- rata per hari, Gunung yang berada di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso ini dikunjungi hampir seribu orang.

"Cuaca dingin sampai 3 derajat tidak berpengaruh dengan kunjungan di sini. Rata-rata hampir 1.000 yang datang," ujar Sigit Haribowo, Kepala Resort TWA Gunung Ijen kepada detikcom, Kamis (18/7/2019).

Jumlah wisatawan domestik maupun Mancanegara justru tercatat terus mengalami lonjakan.

"Kalau jumlah kunjungan kita masuk di high season, jadi tidak ada pengaruh untuk jumlah. Kunjungan, malah semakin hari semakin nambah nambah," kata Sigit.


Sigit mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan Mancanegara di Gunung Ijen saat ini mencapai 150-200 orang per hari. Sementara untuk wisatawan domesik mencapai 250 sampai 500 orang per hari.

"Perhari untuk wisatawan Mancanegara mulai beranjak naik Sekarang sudah masuk di bulan high season untuk kunjungan mancanegara," ujarnya.

Sigit mengimbau kepada wisatawan yang datang untuk melengkapi baju hangat. Dan sebelum melakukan pendakian disarankan untuk mengkonsumsi minuman hangat atau makanan yang sifatnya hangat.


"Agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan seperti kram perut saat berada di puncak," jelasnya.

Suhu dingin di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Ijen saat ini turun hingga suhu 3 derajat celcius. Kondisi ini terjadi sudah seminggu ini. Pengelola saat ini memasang 3 termometer untuk memantau turunnya suhu di kawah hijau toska ini. Suhu di jalur pendakian Gunung Ijen mulai di pos pemberangkatan di kawasan Paltuding hingga puncak Gunung Ijen bisa mencapai 3 derajat celcius. Kondisi tersebut terutama antara pukul 02.00-04.00 WIB.



Tonton juga video Suku Tengger Gelar Yadnya Kasada di Tengah Suhu Ekstrem Bromo:

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com