detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 11:45 WIB

Kiriman Air Terus Disalurkan ke Blitar Selatan yang Kekeringan

Erliana Riady - detikNews
Kiriman Air Terus Disalurkan ke Blitar Selatan yang Kekeringan Tangki air bersih untuk warga yang dilanda kekeringan/Foto: Istimewa
Blitar - Dampak musim kemarau mulai dirasakan masyarakat Blitar Selatan. Pusdalob BPBD Kabupaten Blitar melaporkan, pihaknya sudah mulai mengirim air bersih ke sejumlah dusun.

Dusun-dusun tersebut masuk zona merah yang ada di 19 desa di lima kecamatan rawan kekeringan. Yakni Kecamatan Bakung, Binangun, Wonotirto, Wates dan Panggungrejo.

Secara global kelima kecamatan itu merupakan kantong minus air, karena berada di perbukitan kapur yang tandus. Walaupun upaya pembuatan sumur bor telah dilakukan, pada titik kemarau tertentu, sumber air makin kecil sehingga tidak bisa disedot mesin pompa.


Kasi Logistik BPBD Kabupaten Blitar Agus Witono mengatakan, dropping sudah mulai dilakukan sejak awal Juli lalu. "Sejak awal Juli kami sudah menerima surat permintaan kiriman air bersih dari kades setempat," kata Agus dikonfirmasi detikcom, Kamis (18/7/2019).

Berdasarkan surat itulah, dropping air dilakukan. Dropping dilakukan di beberapa lokasi.

"Hari ini kami droping ke Desa Tugurejo Dusun Wonosari RT 29 dan Dusun Bejirejo RT 27, 28 RW 06 Kecamatan Wates," imbuh Agus.


Dropping dilakukan menggunakan truk tangki kapasitas 6.000 liter. Air itu akan dimanfaatkan untuk 145 kepala keluarga.

Bagi lokasi yang belum dibangun tandon, warga dusun setempat juga membuat tandon penampungan air seadanya. Mereka merancang rakitan bambu. Di tengahnya dipasang terpal. Sisa air kiriman dari BPBD mereka tampung ditempat itu.

"Biasanya dari instansi lain juga akan melakukan dropping. Jadi kami bergantian kirim, asal semua wilayah yang membutuhkan dapat segera dikirim kebutuhan air bersihnya," pungkasnya.

Simak Video "Barang Impor Ilegal Miliaran Rupiah di Surabaya Dimusnahkan"
[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com