KY Jatim Sebut Hakim PN Surabaya Main HP Saat Sidang Tidak Patut

KY Jatim Sebut Hakim PN Surabaya Main HP Saat Sidang Tidak Patut

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 17 Jul 2019 18:53 WIB
Hakim Julien terlihat sedang meminkan HP (Foto: Istimewa)
Hakim Julien terlihat sedang meminkan HP (Foto: Istimewa)
Surabaya - Hakim Pengadilan Negeri Surabaya kedapatan asyik menggunakan HP saat sidang berlangsung. Komisi Yudisial (KY) Jawa Timur menilai perbuatan itu tidak patut karena hakim harus fokus pada pemeriksaan perkara.

Hakim itu adalah Julien Mamahit. Julien disebut terjepret kamera terus bermain HP di ruang Cakra saat sedang berlangsung sidang perkara pidana terkait undang-undang pangan dengan terdakwa Soe Pek Bie di ruang Cakra, Selasa (16/7).

"Memang secara normal bahwa ketika hakim bersidang harusnya fokus ke pemeriksaan perkara, dan penggunaan HP memang tidak patut untuk dilakukan. Terlebih ada kaitannya dengan pemeriksaan perkara yang sedang dilakukan," kata Ketua Komisi Yudisial (KY) Dizar Al Farizi saat dihubungi detikcom, Rabu,(17/7/2019).


Apakah tindakan hakim Julien tersebut merupakan pelanggaran etik dan profesi? Dizar mengaku belum bisa berkomentar.

"Dan tidak perlu ada laporan ke KY, kalau memang sudah ada informasi dari media, tentunya KY sudah tau dan di KY Pusat sendiri sudah ada tim yang dibentuk untuk menangani masalah seperti ini," kata Dizar.

"Timnya sudah ada, tinggal ketika ada informasi-informasi berkaitan dengan hakim di Pengadilan, nanti salurannya ke tim yang bersangkutan. Karena nanti yang mendalami untuk hal-hal itu dari Jakarta nanti," ungkap Dizar.


Dizar mengatakan di tahun 2019, kasus hakim bermain HP saat sidang baru ditemukan kali ini.

"Kalau di tahun sebelumnya ada, tapi di tahun 2019 baru ini, tahun 2018 ada tapi nggak banyak, ada di case-case tertentu," tandas Dizar.

Simak Video "Ikatan Hakim Indonesia Desak Polri Usut Kematian Hakim PN Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)